Kapolda : Pilkada Serentak di Sulut Berjalan Aman

Irjen Pol Bambang Waskito ketika memberikan arahan kepada personil.

Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito saat memberikan arahan kepada personil.

Manado – Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara (Kapolda Sulut) Irjen Pol Bambang Waskito menegaskan kalau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Sangihe berjalan aman dan kondusif.

“Dari hasil pemantauan selama berlangsungnya tahapan Pilkada sejak masa tenang sampai pemungutan suara, situasi umum Sulut maupun daerah yang melaksanakan Pilkada sangat aman dan kondusif,” terangnya, Rabu (15/02/2017).

“Tidak ditemukan adanya gejolak yang mengganggu berjalannya Pilkada. Situasi ini tidak lepas dari kesiapan pengamanan yang dilakukan oleh TNI, Polri dengan didukung masyarakat,” sambungnya.

Meski situasi kondusif dan terkendali, pihaknya masih terus siaga di lapangan, menyusul status siaga satu masih diberlakukan, Rabu (15/02/2017) pukul 00:00 WITA. Status itu diberlakukan bagi seluruh jajaran Polri dalam rangka pengamanan Pilkada serentak di 101 wilayah di Indonesia, berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: STR/102/II/2017 tanggal 14 Februari 2017.

Diketahui pula, dalam status siaga satu, Polda Sulut telah membentuk kompi kerangka berkekuatan 462 personil yang bersiaga di Mapolda Sulut. Kompi kerangka itu akan digeser jika dibutuhkan di Bolmong dan Sangihe.

TIM MABES POLRI PANTAU LANGSUNG SITUASI DAN KONDISI PILKADA BOLMONG DAN SANGIHE

Tim Pengawas Pilkada

Kapolda Sulut bersama pejabat utama ketika mencemput Kakor Lantas Mabes Polri Irjen Pol Royke Lumowa selaku Ketua Tim Pengamanan Pilkada.

KEPALA Korps Lalu Lintas (Kakor Lantas) Mabes Polri Irjen Pol Royke Lumowa, Rabu (15/02/2017), tiba di Kota Manado. Kedatangan Jenderal bintang dua itu, guna melakukan pemantauan langsung di Kabupaten Bolmong dan Sangihe yang saat ini melaksanakan pesta demokrasi.

Mengingat, Irjen Pol Royke Lumowa merupakan ketua Tim Pengawas Pengamanan Pilkada, yang diperintahkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengecek kesiapan anggota Polda Sulut dalam menjaga keamanan pasca Pilkada.

“Jadi Tim Pengawas dari Mabes Polri ini, akan memantau langsung jalannya pengamanan dan situasi Pilkada di Kabupaten Bolaang Mongondow dan Sangihe,” kata Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Dijelaskan pula, Irjen Pol Royke Lumowa bersama rombongan, tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado, Rabu pagi dengan dijemput Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito bersama para pejabat utama Polda Sulut lainnya. (jenglen manolong)

Leave a Reply