Kasus DBD di Mitra, Bocah Usia Enam Tahun Meninggal Dunia

Mitra – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mewabah di Sulawesi Utara tak terkecuali di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Bahkan, di Mitra sendiri dikabarkan satu orang meninggal dunia, teridentifikasi bernama Arya Hano (6), tercatat sebagai siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Belang, yang mengembuskan nafas terakhirnya di RSUD Prof Kandouw Malalayang Manado, Senin (13/01).

Terkait kasus kematian bocah warga Desa Buku Tenggara Kecamatan Belang ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra dr Henrny Ratuilu, membenarkan adanya kasus tersebut. Menurutnya, pihaknya mendapat kepastian laporan adanya kasus tersebut dari pihak Rumah Sakit Umum Prof Kandouw Malayang, dan memastikan kematian bocah tersebut akibat DBD.

“Informasi kami peroleh, korban sebelumnya telah memeriksakan kesehatannya ke salah satu dokter peraktek di wilayahnya tinggal, lalu ke. Pihak keluarga ketika melihat suhu panas badan korban yang tidak kunjung turun kemudian langsung membawa ke Rumah Sakit Ratahan lalu dirujuk ke Prof Kandouw Malalayang, namun sangat disayangkan nyawanya tidak tertolong,” terang Ratuilu.

Sementara, Wakil Bupati Mitra Drs Jesaja JO Legi, kepada Cybersulutnews.co.id, Senin (14/01) siang, disela-sela usai Ibadah Syukur menempati Kantor Baru Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekdakab Mitra mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra terkait DBD yang mewabah ini, telah melakukan berbagai upaya pencegahan agar tidak menyebar lebih luas.

Menurutnya, pihaknya jauh hari sebelumnya juga telah menginstruksikan kepada seluruh Camat, Lurah dan Hukum Tua agar melakukan tindakan-tindakan pencegahan, di wilayahnya masing-masing.

“Pemkab Mitra menghimbau kepada seluruh masyarakat agar waspada penularan penyakit DBD, yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti, dengan cara membersihkan lingkungan tempat tinggal, membersihkan barang-barang bekas yang bisa menjadi sarang nyamuk berkembang biak, menguras bak mandi, serta mengubur barang-barang bekas,” himbau Wabup Legi.

Adapun kasus DBD di Kabupaten Mitra tahun 2019 ini terdapat enam kasus. Dari enam kasus ini, satu diantaranya meninggal dunia.(fernando lumanauw)

Leave a Reply