Kasus Pembunuhan di Watulaney Amian Direkonstruksi, Randy Tewas Ditikam Usai Dianiaya

Minahasa – Polres Minahasa melalui Satuan Reskrim, Kamis (14/03) siang, melakukan rekonstruksi kasus pembunuhan di Desa Watulaney Kecamatan Lembean Timur, yang terjadi awal Januari 2019 silam, yang menewaskan korban Randy Gerungan (31), warga setempat.

Rekonstruksi yang dipimpin Unit Jaranras ini dilakukan di halaman Mapolres Minahasa ini menghadirkan dua dari tiga tersangka masing- masing lelaki JK alias Cundo (25) dan AK alias Andre (22), warga yang sama dengan korban. Sementara RLK alias Lino (17), sudah dilakukan sebelumnya secara terpisah karena yang bersangkutan anak dibawah umur.

Rekon sendiri dilakukan sebanyak 22 adegan, dimana dalam rekon ini terungkap bahwa korban Randy dianiaya terlebih dahulu sebelum ditikam oleh tersangka AK sebanyak satu kali, yang menyebabkan korban kemudian bersimbah darah dan meninggal dunia di tempat kejadian perkara.

Kapolres Minahasa AKBP M Denny I Situmorang SIK melalui Kepala Satuan Reskrim AKP Muhamad Fadli mengatakan, rekonstruksi ini dilakukan untuk melengkapi berkas perkara, dimana sebelumnya pada 8 Januari 2019, sudah terlebih dahulu dilakukan rekon terhadap tersangka RLK, yang merupakan anak dibawah umur, sebanyak 15 adegan.

“Dari hasil rekon ini kita melihat 22 adegan yang diperagakan para tersangka ketika melakukan tindak pidana. Dalam rekon ini memperlihatkan bahwa mereka melakukan penganiayaan secara bersama-sama sampai akhirnya korban meninggal dunia,” kata Fadli.

Sementara, diketahui sebelumnya, Kamis 3 Januari 2019 lalu, ditemukan seseorang bersimbah darah didepan pintu rumah Keluarga Gerungan-Watulingas, dalam keadaan tidak bernyawa dengan luka robek di perut sebelah kanan, yang belakangan diketahui laki-laki tersebut bernama Randy Gerungan, warga Watulaney.

Informasi diperoleh saat itu, korban sejak malam hingga subuh sempat menghadiri acara tutup tahun bertempat di lapangan Desa Watulaney Amian, dan saat itu terjadi keributan antara korban dan para pelaku, yang akhirnya memyebabkan Randy tewas.

Ketiga pelaku akan diproses sesuai dengan peran masing-masing dan dijerat dengan pasal 338 sub 170 ayat 2 ke-3 lebih sub pasal 351 ayat 3 junto 55 KUHPidana.(fernando lumanauw)

Leave a Reply