Kepala SKPD Wajib Jawab Keluhan Masyarakat di Medsos RR-RD Call Center, Bukan Operator

Minahasa – Guna menjawab setiap keluhan masyarakat terhadap pelayanan publik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi, mewajibkan semua Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemkab Minahasa agar masuk di grup Media Sosial (Medsos) Facebook dengan nama RR-RD Call Center, dan menjawab langsung setiap keluhan masyarakat yang disampaikan di akun Medsos tersebut.

Hal ini dikatakan Bupati ROR kala dirinya memimpin Apel Perdana bulan Februari, bertempat di halaman Kantor Bupati, Senin (04/02) pagi. Ini dimaksud menurut ROR, agar masyarakat puas bila keluhannya dijawab langsung oleh SKPD yang membidangi keluhan termaksud.

“Masyarakat sepertinya tidak puas bila operator yang memberikan jawaban. Jadi yang harus memberikan jawaban adalah SKPD yang terkait, atau yang membidangi hal apa yang dikeluhakan masyarakat. Makanya semua Kepala SKPD harus masuk disitu dan menjawab setiap keluhan masyarakat ini sesuai tupoksinya agar masyarakat puas, bukan operator yang jawab,” tandas Bupati.

“Jadi minimal kalau bukan Kepala SKPD yang jawab, harus eselon III di SKPD tersebut yang jawab keluhan masyarakat ini. Jangan kira saya dan pak Wakil Bupati tidak memantau semua aktifitas di grup tersebut. Setiap pulang dari tugas, saya dan pak Wakil membaca semua keluhan-keluhan masyarakat itu dan mengikuti perkembangannya. Jadi sekali lagi para SKPD masuk di grup itu dan jawab keluhan masyarakat,” kata Bupati.

Lanjut dikatakan Bupati, Pemkab Minahasa memang masih dalam masa transisi untuk program ini, sehingga masih menggunakan medsos dalam menjawab keluhan masyarakat. Namun, dirinya menegaskan bila tahun berjalan ini Pemkab Minahasa segera menggunakan aplikasi sendiri untuk RR-RD Command Center.

“Tahun ini kita akan bekerjasama dengan PT Qlue, untuk mengelolah RR-RD Command Center. Jadi nantinya kita akan menjawab semua keluhan masyarakat melalui aplikasi ini. Kita bisa memasukkan foto sebelum dan sesudah ditangani, agar masyarakat puas dengan pelayanan pemerintah,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply