Komitmen ODSK Nyata; Panen Jagung Melimpah, Peternak Lokal Diberdayakan dan Bantuan KUR Disalurkan

Minut – Sektor Pertanian dan Peternakan menjadi salah satu sektor yang mendapat perhatian dari Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw (ODSK) sejak memimpin Bumi Nyiur Melambai Provinsi Sulawesi Utara hingga saat ini.

Optimalisasi program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Provinsi Sulut, terlihat secara nyata dari obsesi ODSK (Olly Dondokambey dan Steven Kandouw).

Salah satunya melalui Gerakan Panen Jagung bersama petani/kelompok tani dan pemerintah di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Selasa (11/02/2020).

Memang, Gerakan Panen Jagung ini merupakan program OD-SK di sektor Pertanian dan Peternakan dalam upaya mensejahterahkan masyarakat Bumi Nyiur Melambai Sulawesi Utara.

Gubernur Olly mengatakan, program pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI ini sudah terbukti dan bisa dirasakan masyarakat petani.

“Karena pada tahun 2019, pemerintah pusat telah memberikan bantuan untuk program jagung itu ada sekitar 30 ribu hektar. Keberhasilan ini kita mendapatkan kanaikan bantuan lagi pada tahun 2020 ini sekitar 50 ribu hektar untuk perluasan tanaman jagung di Numi Nyiur Melambai Sulut,” kata Gubernur Olly.
Gubernur Olly bersyukur bahwa di Sulut sudah bisa menciptakan bibit lokal berkualitas.

“Di tahun 2020 dan seterusnya, para petani kita sudah bisa merasakan secara langsung hasil mereka,” tandas Gubernur Olly.
Selain itu, target panen 1 juta ton Jagung mampu dipenuhi, malahan lebih dari target yabg ditetapkan.

“Puji Tuhan, atas dorongan pak gubernur, torang capai target produksi. Selama empat tahun kita bisa mencapai 1,2 juta ton untuk memenuhi kebutuhan lokal dan antar provinsi,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Novly Wowiling.

Program penanaman Jagung di lahan ini merupakan kerja sama Dinas Pertanian dan Peternakan dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.

“Untuk lahan di sini yang ditanam adalah Jagung varitas lokal yang dihasilkan anak bangsa,” ungkap Wowiling.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Olly menyerahkan bantuan bagi Kelompok Tani Minut mesin alat pertanian seperti backpack brushcutter, knapsack sprayer, alat tanam jagung, corn sheller, bantuan benih jagung dan bantuan yernak Sapi, menyerahkan bantuan KUR Perbankan untuk usaha.

Turut hadir, Anggota DPRD Sulut, Wenny Lumentut, Ketua DPRD Minut, Denny Lolong, Kepala BPTP Sulut, Yusuf, Kadistanak Sulut, Novly Wowiling, KTNA, Dekan Fakultas Pertanian, Dekan Fakultas Peternakan, Jajaran Distanak, Pemkab Minut, pihak Perbankan.

Leave a Reply