Kompak di Rakornas Pemilu 2019, Forkopimda Mitra Bertekad Wujudkan Pemilu Beradab dan Berkualitas

Makasar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Minahasa Mitra, bertekad mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2019, beradab dan berkualitas.

Hal ini dikatakan Wakil Bupati Mitra Drs Jocke J O Legi, disela-sela menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakonas) Pemantapan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Rahun 2019, yang digelar Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri-RI), bertempat di Hotel Claro Makasar, Sulawesi Selatan, Selasa (12/02).

Menurutnya, Rakornas Bidang Kewaspadaan Nasional terkait penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019 ini, merupakan momen penting dan wajib diikuti, sebagai bagian dari respon aktif Pemkab Mitra dalam mensukseskan pesta demokrasi tahun ini.

“Pemkab Mitra bersama TNI dan Polri, tentunya punya tanggung jawab besar dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Koordinasi dan singkronisasi sistem terkait pemantapan Pemilu, sangat penting diperhatikan dan ditindaklanjuti. Yang pasti, Pemkab Mitra bersama unsur Forkopimda yang ada, akan berupaya semaksimal mungkin agar Pemilu serentak kali ini dapat berlangsung sukses dan lebih beradab lagi,” kata Legi, saat rehat makan siang pada Rakornas dimaksud.

Lanjut dikatakan Legi, sesuai apa yang diinstruksikan Bupati Mitra James Sumendap SH bahwa, Pemilu di Mitra harus terhindar dari money politic, sehingga hal itu perlu diseriusi oleh semua kontestan Pemilu.

“Pak Bupati dalam beberapa kesempatan menyatakan dengan tegas, bahwa Pemilu di Mitra harus terhindar dari praktek money politic. Hal ini perlu diseriusi oleh semua kontestan Pemilu. Disamping itu, juga memperhatikan aspek penting lainnya yakni keamanan dan kenyamanan pelaksanaannya,” timpal suami dari Pdt Ernie Rondonuwu ini.

Wabup Legi pun berharap, unsur Forkompimda Mitra dapat terus bersinergi dan berkoordinasi secara intens, guna terwujudnya Pranata Demokrasi berkualitas dan lebih beradab lagi, sehingga menghasilkan kedaulatan rakyat seutuhnya dalam memainkan instrumen tata kelola pemerintahan, guna pemberian pelayanan prima kepada publik sebagai objek layanan utama.

Sementara, Kapolres Minahasa Selatan (Minsel) AKBP FX Winardi Prabowo mengatakan, pihaknya berjanji akan maksimal dalam mengawal jalannya pesta demokrasi di Kabupaten Mitra yang masuk dalam wilayah hukum Polres Minsel.

“Ingat, pilihan boleh beda, tapi persatuan dan kesatuan bangsa harus kita jaga,” ujar Prabowo yang turut diiyakan Kepala Kejari Minsel I Wayan Miarta SH MH dan Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos MSi, yang turut hadir bersama Wabup Legi.

Kegiatan ini sendiri dibuka oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri-RI, Soedarmo, dan turut dihadiri unsur Forkopimda se-Indonesia Timur.(fernando lumanauw)

Leave a Reply