by

Koperasi Maesa Mitra Jaya Terbentuk, Sereh Wangi Jadi Komoditas Andalan

Minahasa – Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Provinsi Sulut Ir Ronald Sorongan MSi, melantik Pengurus dan Pengawas Koperasi Produsen Maesa Mitra Jaya (MMJ), Kamis (14/10) siang, bertempat di Kantor Koperasi Produsen MMJ, Desa Tountimomor Kecamatan Kakas.

Kepada yang baru dilantik, Sorongan berharap agar Koperasi MMJ ini dapat menjalankan tugas fungsi koperasi yang berpedoman pada Undang-undang nomor 25 tahun 1992, Undang-undang cipta kerja nomor 11 turunannya Peraturan-Pemerintah nomor 7 tahun 2021 tentang perlindungan oleh pemerintah,” ujarnya.

Dirinya berharap, Koperasi Produsen Sereh Wangi MMJ yang sudah terbentuk ini, akan menjadi tanda keberhasilan koperasi di Sulut dan menjadi contoh bagi koperasi lain yang ada di Sulut.

“Pengurus dan pengawas Koperasi ini ada dua profesor dan mantan menteri, oleh sebab itu atas nama Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven OE. Kandouw, berharap koperasi ini boleh jadi contoh bagi koperasi di Sulut, adanya kerjasama PGI pada usaha sereh wangi ini bisa jadi kebanggaan,” tutup Sorongan.

Sementara, Ketua Koperasi Maesa Mitra Jaya, Herli Walandouw, didampingi Sekretaris Meigi Refky Moningka, menyampaikan ucapan syukur telah terbentuk Koperasi Produsen Maesa Mitra Jaya, serta berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara

“Harapan kami kedepan koperasi dapat berdampak luar biasa, baik bagi anggotanya, bagi petani dan bagi seluruh masyarakat. Kedepan juga kami akan mewujudkan koperasi berbasis Digital, dan bertekad akan bersama sama terus mengembangkan daerah Minahasa khususnya Provinsi Sulut pada umumnya.” kata Walandouw.

Walandouw kemudian menjelaskan soal Sereh Wangi atau Cymbopogon Nardus dalam bahasa latinnya, yang menjadi komoditas yang dikembangkan Koperasi MMJ. Sereh Wangi kata dia adalah salah satu bahan campuran aroma terapi, dimana selain sebagai produk biofull, air Sereh Wangi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai energi terbarukan, punya nilai kontraknya dan ada harga dasar.

“Tanaman industri ini tidak seperti tanaman lainnya. Sereh wangi ini dapat mendongkrak harga untuk kesejahteraan petani. Untuk itu, kami memiliki cita-cita mensejahterakan petani Sereh Wangi di Minahasa bahkan di Sulut,” pungkasnya.

Berikut Struktur pengurus Koperasi produsen Maesa Mitra Jaya yang baru dikukuhkan.

Pengurus Koperasi Ketua : tuan Herli Walandouw, Wakil Ketua : DR H.Noldy Palengkahu, M.Pd, Sekretaris : Meigi Refky Moningka, Bendahara 1 : Michael Joost Walandouw, Bendahara 2 Reynie Fero Walandouw .

Pengawas : tuan Deimer Prof.DR Perry Rumengan, Theodorus Fransisco, Refdonal BSC, Sammy Broery Yusuf Legi, Novly Geret Wowiling.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed