Kopiwangker Dinilai Dalam Lomba HATI-Nya PKK Tingkat Provinsi Sulut

Minahasa – Desa Kopiwangker Kecamatan Langowan, menjadi wakil Kabupaten Minahasa dalam penilaian Lomba Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATI-Nya) Pemberdayaan Keterampilan Keluarga (PKK) tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin (25/03), bertempat di Balai Desa Kopiwangker.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny Ch M Roring-Lumanauw SIP, dalam laporannya sebelum dilakukan penilaian mengatakan, Minahasa telah melakukan persiapan untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi, yang sebelumnya telah dilaksanakan secara berjenjang mulai dari lomba antar Desa, dan Kecamatan di Minahasa, yang dilakukan selama 3 bulan.

“Dari serangkaian lomba itu, akhirnya mendapatkan Desa Kopiwangker sebagai wakil Minahasa dalam lomba HATI-Nya PKK tingkat Provins,i dan telah dilakukan pendampingan selama dua Minggu oleh TP-PKK Minahasa bersama Dinas-dinas terkait,” kata Lumanauw.

“Sebelumnya, lomba-lomba yang diikuti Minahasa yakni lomba IVA TEST di Desa Sea Kecamatan Pineleng, Lomba Posyandu, Lingkungan Bersih Sehat di Desa Lotta Pineleng, Lomba UP2K di Desa Kinali Satu Kecamatan Kawangkoan, Lomba PAAR di desa Parepei Kecamatan Remboken dan Lomba Administrasi di Desa Kanonang Kecamatan Kawangkoan Barat,” katanya lagi sembari menyampaikan bahwa Minahasa siap dinilai oleh tim penilai dari Provinsi Sulut.

Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi, dalam sambutan yang disampaikan
Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai dan jajaran pengurus TP-PKK Provinsi Sulut di Desa Kopiwangker.

Wabup RD menyampaikan bahwa, tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan masyarakat yang sejahtera yang akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat yang sejahtera. Menurutnya, penyelenggaraan lomba HATI-Nya PKK secara berjenjang dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi bahkan nasional, merupakan salah satu upaya TP-PKK untuk mewujudkan keluarga sejahtera melalui menciptakan ketahanan pangan keluarga, khusunya pemanfaatan pekarangan rumah untuk mencukupi kebutuhan bahan pokok.

“Untuk itu, melalui penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi masyarakat agar dapat memberdayakan potensi keluarga termasuk pemanfaatan pekarangan dan kreatifitas dalam mengolah barang bekas tidak terpakai menjadi media tanam yang mampu menghasilkan,” ujarnya berharap, apa yang sudah diupayakan saat ini mampu dijaga dan dirawat.

Sementara, Ketua TP-PKK Sulut yang di sampaikan Wakil Ketua Bidang Pokja 1 Sus Maritje Sualang-Pangemanan SPd mengatakan, salah satu kegiatan TP-PKK Sulut dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 dan pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tahun 2019 adalah, pelaksanaan lomba-lomba kegiatan PKK seperti, lomba HATI-Nya PKK, IVA TEST, Lomba PHBS, LBS dan Posyandu.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa gerakan PKK telah dijalankan. Selain itu, sebagai bagian pembinaan pelaksanaan program gerakan PKK yang dilaksanakan sesuai hasil Rakernas PKK,” tukasnya.

Dirinya kemudian menyampaikan hal-hal yang perlu di perhatikan bahwa, program-program PKK selalu terintegrasi dengan program-program lain, terutama yang dikelola pemerintah maupun swasta dan LSM, baik di pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Dilingkungan Provinsi Sulut, kegiatan PKK juga disuport dan didukung oleh instansi terkait atau mitra terkait, baik dukungan dana maupun dalam bentuk kegiatan langsung.

“Selanjutnya, dalam bidang keuangan untuk mendukung program TP-PKK disemua jenjang, memang sampai saat ini masih mengharapkan bantuan dari pemerintah. Untuk itu kita perlu beradaptasi secara aktif dalam Musrenbang, mulai dari mengusulkan program-program PKK dan program lain, menyangkut kepentingan keluarga dan masyarakat kedalam rencana kerja pemerintah setempat,” ujarnya.

Acara ini turut dihadiri Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, Ketua Dharma Wanita Persatuan Minahasa Seeve Korengkeng-Warouw SE, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Dr Denny Mangala MSi, Camat Langowan Barat Ir Lendy Aruperes, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Langowan Barat Lenda Aruperes-Lumenta SE, Hukum tua Desa Kopiwangker Vanda Emor, Tim Penilai dari Provinsi Sulawesi Utara, Pengurus TP-PKK Minahasa, Pengurus TP-PKK Kecamatan Langowan Barat, Camat dan Hukum Tua se Langowan Raya, serta undangan yang hadir.(fernando lumanauw)

Leave a Reply