KPU Jadwalkan Layanan Konsultasi Bagi Parpol Untuk Dana Kampanye

Q

 

 

 

Minahasa – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, kini telah membentuk helpdesk dan layanan konsultasi dalam penyusunan laporan dana kampanye, bagi Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2014.

Hal tersebut dikatakan langsung Ketua KPU Minahasa, Meidy Y Tinangon SSi MSi, kepada CSN, Selasa (17/12).

Menurut Tinangon, hal tersebut merupakan tekad KPU Minahasa untuk melayani peserta Pemilu secara merata, dengan prinsip pelayanan prima semakin nyata dalam tahapan Pemilu di tanah Minahasa.

“Penyusunan laporan dana kampanye memang agak rumit, bila lalai maka konsekuensinya akan ditanggung oleh Parpol sebagai peserta Pemilu dan caleg. Karenanya, untuk mengantisipasi kesalahan dalam penyusunan laporan dana kampanye tersebut, KPU Minahasa telah membentuk helpdesk pelaporan dana kampanye dan telah menyusun jadwal konsultasi mulai Rabu 18 Desember 2013, hingga Jumat 20 Desember 2013 mendatang. Parpol dapat memanfaatkan layanan konsultasi ini agar tidak salah kaprah dalam menyusun dan memasukan laporan dana kampanye,” terang Tinangon.

Diketahui, ada empat jenis laporan yang harus dimasukan oleh Parpol ke KPU, masing-masing, Laporan Pembukaan Rekening Khusus (Reksus) Dana Kampanye, Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye secara periodik, Laporan Awal Dana Kampanye dan Laporan Akhir atau Laporan penerimaan dan pengeluaran Dana Kampanye.

“Untuk laporan penerimaan sumbangan dana kampanye, batas waktunya paling lambat 27 Desember 2013 mendatang,” ungkap Tinangon, sembari menambahkan, untuk laporan pembukaan Reksus Dana Kampanye, sejauh ini pihaknya baru menerima satu laporan dari Partai Amanat Nasional.

“Namun karena laporan tersebut tidak lengkap, KPU Minahasa mengembalikan laporan tersebut untuk diperbaiki dalam jangka waktu lima hari setelah menerima pengembalian laporan Reksus tersebut,” ujarnya.(fernando lumanauw)

Berikut jadwal konsultasi pelaporan dana kampanye:

Rabu 18 Desember 2013, pukul 13.00-15.30:
Partai Nasdem
Partai Kesatuan Bangsa
Partai Keadilan Sejahter
Partai HANURA

Kamis 19 Desember 2013, pukul 13.00-15.30:
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
Partai Golkar
Partai Gerindra
Partai Bulan Bintang

Jumat 20 Desember 2013, pukul 13.00–15.30:
Partai Demokrat
Partai Amanat Nasional
Partai Persatuan Pembangunan
Partai Keadilan Persatuan Indonesia

Leave a Reply