KPU Launching Tahapan Pilkada Minahasa 2018

Minahasa – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, Jumat (15/09), secara reami me-launching dan sosialisasi tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa tahun 2017, bertempat di Wale Ne Tou Sasaran Tondano.

Launching ini dilakukan langsung oleh Ketua KPU Repoblik Indonesia Arief Budiman SS SIP MBA, yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren serta disaksikan langsung Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi beserta Wakil Bupati Ivan Sarundajang serja segenap pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa, Ketua KPU Sulut Yessy Momongan STh, para Komisioner KPU Minahasa, Panwas Minahasa serta seluruh tamu undangan yang hadir.

Dalam sambutannya sebelum memukul tetengkoren, Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, dunia international selalu melirik perkembangan Pemilu di Indonesia. Untuk itu KPU terus berupaya Pemilu menjadi semakin lebih baik lagi.

“Tahun 2018 dan 2019 menjadi pertaruhan besar bagi KPU. Kita diuji kemampuannya sebagai penyelenggara Pemilu serentak tahun 2018 dengan melibatkan jumlah pemilih terbanyak. Kita harus mau dan mampu membuktikan Pemilu kita menjadi lebih baik lagi. Sesuai hasil Pemilu nasional tahun 2017, Pemilukada-nya serentak tahun 2018 melibatkan hampir 70 persen dari total 192 juta pemilih di Indonesia. Kompetisi akan mulai, semua akan bertaruh. KPU akan dilihat apakah KPU mampu membuktikan diri sebagai penyelenggara Pemilu yang kredibel atau tidak,” ujarnya sembari menginformasikan pula bila pemerintah telah menganggarkan sebanyak Rp 23 Trilyun untuk pelaksanaan Pemilu lokal maupun nasional.

“Sebanyak Rp 23 Triliyun anggaran yang akan digunakan untuk menyelenggarakan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah, red), Pileg dan Pilpres, ditahun 2018 dan 2019. Saya berharap masyarakat Minahasa bisa membuktikan bahwa Pemilu di Minahasa sebagi pioner demokrasi, pioner penyelengaraa Pemilu yang demokratis. Mudah-mudahan Pilkada di Minahasa bisa berjalan kredibel, akuntabel, transpran dan menghasilkan pemimpinn terbaik bagi warga masyarakat kabupen Minahasa,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi dalam sambutannya mengapresiasi KPU Minahasa karena menjadi daerah pertama di Sulawesi Utara yang melakukan launching tahapan Pilkada. Menurutnya, Minahasa sebagai daerah pertama di Indonesia yang menerapkan asas demokrasi, menjadi pioner demokrasi yang patut dicontoh.

“Tahapan Pilkada Minahasa 2018 sudah dimulai. Perbedaan dalam pandangan politik ditengah masyarakat pasti muncul. Untuk itu saya berharap, perbedaan yang nanti muncul janganlah menimbulkan perpencaham diantara sesama kita warga Minahasa, melainkan perbedaan ini menjadi kekayaan bagi kita untuk bersatu. Berbeda pilihan itu biasa, tapi satu tujian kita untuk masa depan kesejahteraan Minahasa,” ungkap JWS sembari menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak atas suksesnya kegiatan ini dan memohon dukungan agar Pilkada Minahasa 2018 ini bisa berjalan sukses dan lancar.

Sementara, turut juga membawakan sambutan perwakilan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu RI Hasyim Ashari, dan dihadiri pula Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair SIK MH, Wakapolres Tomohon Kompol Dewa Made Palguna SIK, Forkompimda Minahasa dan tamu undangan.(fernando lumanauw)

Leave a Reply