KPU Minahasa Gelar Kegiatan Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu Serentak 2019

Minahasa – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa menggelar Kegiatan Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2019 di Kabupaten Minahasa, Jumat (02/07) pagi, bertempat di ruang rapat Kantor KPU, Tondano.

Ketua KPU Minahasa Lord Arthur Malonda SPd mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat edaran atau Surat Dinas KPU Repoblik Indonesia (RI) nomor 1.000 tahun 2019, yang didalamnya bertujuan untuk evaluasi sekaligus menjadi bahan masukan pada Pemilu selanjutnya.

“Ini penting untuk persiapan Pemilu 2020 mendatang. Evaluasi ini juga sebagai acuan untuk memperbaiki regulasi yang ada saat ini pada Pemilu selanjutnya,” terang Malonda.

Selanjutnya, Malonda menambahkan, dalam evaluasi ini juga akan melihat apakah pemasangan Aparat Peraga Kampanye (APK) Partai Politik (Parpol) sudah sesuai aturan, dan apakah ada kelemahan atau tidak.

“Dalam hal ini tentu Parpol yang paling merasakan. Sehingga saat kita perlu mengevaluasi semuanya, termasuk kampanye di Media Massa oleh KPU dan pembiayaannya,” pungkasnya.

Komisioner KPU Minahasa Peter Maweikere, kemudian dalam laporannya terkait pelaksanaan kegiatan ini menyampaikan regulasi-regulasi yang mendasari kegiatan ini, kemudian laporan atas apa yang sudah dilaksanakan sepanjang Kampanye Parpol pada Pemilu 2019 lalu.

“Ada APK yang sudah kami sediakan dan lokasi pemasangan yang sudah kami tentukan untuk meleyakkan APK yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa,” tukasnya.

Selanjutnya, dilakukan dialog antara KPU, Bawaslu, Parpol dan Pers, terkait regulasi-regulasi yang mendasari kampanye, kemudian penindakan dan sanksi yang dilakukan.

Turut hadir menjadi narasumber dalam kegiatan ini, Anggota Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Minahasa Erwien Sumampouw SP, Wakapolres Minahasa Kompol Alkat Korouw SIP, serta dihadiri Komisioner KPU Rendy Suawa, Kristoforus Ngantung SFils dan Lydia Malonda, para perwakilan Parpol dan para Wartawan Media Massa Minahasa.(fernando lumanauw)

Leave a Reply