KPU Minahasa Gelar Raker Penyusunan Pedoman Teknis Tahap III Untuk Pelaksaan Pilkada Minahasa 2018

Manado – Persiapan memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa tahun 2018, terus dimatangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa. Hal ini menyusul dilakukan kembali Rapat Kerja (Raker) Penyusunan Pedoman Teknis Tahap III Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa tahun 2018, bertempat di Best Western The Lagoon Hotel Manado, Jumat (18/08) hingga Sabtu (19/08).

Raker yang dibuka oleh Ketua KPU Minahasa Meidy Y Tinangon SSi MSi ini, diaawali dengan sambutan selamat datang oleh Komisioner KPU Minahasa Kristoforus Ngantung SFils, selaku Ketua Divisi Sosialisasi dan Hubungan Partisipasi, serta diikuti oleh Perwakilan Kesbangpol Pemkab Minahasa, perwakilan Polres Minahasa, Kodim 1302 Minahasa, Penggiat Pemilu, Praktisi, Partai Politik pemilik kursi di DPRD Minahasa, LSM dan Insan Pers.

Dalam sambutannya Kristoforus Ngantung mengatakan tanpa terasa tahapan ke tiga akan kita lalui oleh karena itu harapan kami agenda selama dua hari ini akan berlangsung baik. Dirinya berharap, apa yang dilaksanakan ini bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi tahapan Pilkada Minahasa 2018.

Sementara, Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon saat memberikan sambutan sekaligus membuka pelaksanaan Raker ini mengatakan bahwa, fokus rapat kerja ini meliputi penyusunan pedoman teknis pada kampanye, dana kampanye, pemungutan suara dan penghitungan suara.

“Yang kami inginkan tentunya apa yang belum termuat dalam pedoman teknis, yang di susun sejak Januari lalu, makin disempurnakan melalui kegiatan seperti ini,” kata Tinangon .

Dirinya pun merasa bersyukur atas respon dari seluruh peserta yang siap memenuhi undangan KPU yang sekaligus memberi dukungam akan suksesnya pelaksanaan Pilkada Minahasa nanti.

Dalam Raker tahap III ini, dihati pertama diawali dengan pembahasan materi tentang Tata Kelola Tahapan, Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitulasi Hasil Pemungutan Suara (Evaluasi dan Rekomendasi Pemikiran) dengan narasumber Ketua Program Tata Kelola Pemilu Unsrat Manado DR Ferry Liando SIP MSi dan dilanjutkan dengan tanya jawab bersama para peserta.

Selanjutnya, pada sesi berikut menghadirkan pemateri dari Akademisi Universitas Negeri Manado Dr Goinpeace H Tumbel SSos MAP MSi, dengan materi Akuntabilitas Penyelenggaraan Kampanye dan Pemungutan Suara.(fernando lumanauw)

Leave a Reply