KPU Minahasa Temukan 15 Susu Pemilu 2019 Rusak

Minahasa – Komisi Pemilahan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa menemukan ada 15 surat suara (Susu) yang rusak. Hal ini ditemukan KPU saat melakukan pelipatan Susu untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2019, sejak Senin (04/03) lalu.

Ketua KPU Minahasa Lord Arthur Malonda SPd mengatakan, hingga Jumat (08/03) pagi, belum ditemukan lagi ada Susu rusak.

“Hingga saat ini kami temukan sudah ada 15 Susu yang rusak, baik itu sobek maupun kotor karena tinta. Pelipatan Susu saat ini masih sementara berlangsung. Nantinya kami akan buatkan berita acara terkait berapa Susu yang rusak, untuk dibuatkan permintaan tambahan Susu menggantikan yang rusak,” kata Malonda.

Mekanismenya kata Malonda, pihaknya membuat berita acara pemintaan pengganti Susu rusak, kemudian dikirim ke KPU Provinsi Sulawesi Utara dan diteruskan ke KPU RI.

“Susu yang rusak juga berapapun jumlahnya, sedikit atau banyak, tetap akan dimusnahkan dan dibuatkan berita acara pemusnahan. Pemusnahannya dilakukan sebelum hari pebcoblosan,” terang Malonda.

Dirinya menambahkan, Susu rusak tidak akan berpengaruh pada kekurangan Susu di Kabupaten Minahasa, sebab pihaknya akan langsung melakukan permintaan ke KPU RI untuk menggenapi kembali.

Sebelumnya, KPU Minahasa telah menerima Susu sebanyak 242.000 untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan Dewan Perwakilan Daerah. Selain itu adalah pula 798.000 Susu untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, DPRD Sulut serta DPRD Kabupaten Minahasa.

Untuk DPRD Minahasa rinciannya Dapil satu sebanyak 52.000 surat suara, Dapil dua 54.000, Dapil tiga 89.000 serta Dapil empat 75.000. Jumlah itu diterima KPU Minahasa dari PT Adi Perkasa Makasar di Pelabuhan Peti Kemas Bitung. Selanjutnya oleh KPU Minahasa dengan pengawalan petugas kepolisian membawanya dan menyimpannya pada gudang di Tondano.(fernando lumanauw)

Leave a Reply