KPU Minahasa Tetapkan DPS Untuk Pilgub Sulut 2020

Minahasa – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020, sebanyak 241.781 pemilih.

Hal ini menyusul dilakukannya Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan DPS Pilgub Sulut 2020 di Minahasa, Kamis (10/09) sore, bertempat di aula Kantor KPU Minahasa, Tondano.

Ketua KPU Minahasa Lord Arthur Ch Malonda SPd mengatakan, Rapat Pleno Terbuka tingkat Kabupaten dilakukan sesuai tahapan, menyusul telah rampungnya pleno di tingkat Desa oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 25 Kecamatan.

“Kita telah menetapkan DPHP dan telah menetapkan DPS, dimana dalam formulir A1.1 KWK, KPU Minahasa telah merekapitulasi DPS untuk 25 Kecamatan, dimana ada 270 Desa dan Kelurahan, serta 686 TPS, terdapat 125.447 pemilih laki-laki dan 122.334 pemilih perempuan, atau total DPS sebanyak 241.781 pemilih,” terang Malonda.

Lanjut kata dia, apabila ada masyarakt Minahasa yang telah memilih data kependudukan, seperti e-KTP dan Kartu Keluarga namun belum terdaftar sebagai pemilih, silahkan berhubungan lamlngsung dengan PPS di tingkat Desa.

“Silahkan datangi PPS bila sudah memiliki data kependudukan namun belum terdaftar sebagai pemilih. Dengan dasar telah memiliki dokumen kependudukan maka akan dimasukkan dalam DPS,” pungkasnya.

Rapat Pleno Terbuka ini dihadiri seluruh Komisioner KPU Minahasa lainnya seperti Ketua Lord Arthur Malonda SPd yang juga Divisi KUL dan Rumah Tangga, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Kristoforus Ngantung SFils,
Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Rendy Suawa SH, Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM Peter Maweikere, serta Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi Lydia Malonda SSos.

Turut hadir pula, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Minahasa Luvy M Rumate MSi, serta perwakilan Partai Politik di Kabupaten Minahasa, PPK se-Kabupaten Minahasa. Sedangkan, untuk perwakilan Bawaslu Kabupaten Minahaaa tak ada satupun yang hadir.(fernando lumanauw)

Leave a Reply