Kumtua di Minut Wajib Kuasai Penyusunan LPJ

Minut–Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Minut Max Silinaung, Kamis (15/10/2015) , kembali mengingatkan seluruh Hukum Tua (Kumtua) di Minut agar bisa menguasai penyusunan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pengelolaan Dana Desa (DD) yang diterima tiap desa.

Menurut Silinaung, DD harus diperuntukan untuk program-program yang membangun desa bukan untuk kepentingan pribadi Kumtua. Penggunaan DD harus bisa dipertanggungjawabkan, sehingga kucuran DD ini perlu ada perhatian terkait pengelolaannya. Jangan sampai kucuran dana ini menjerat kumtua untuk korupsi.

“Dana desa itu harus digunakan sesuai peruntukan dan wajib ada laporannya. Kalau tidak bisa bahaya karena akan bermasalah dengan hukum nantinya,” tutur Silinaung.

Untuk itu, Silinaung menghimbau para Kumtua agar aktif dalam kegiatan pelatihan, seperti pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa (PAPD) yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Sulut yang sementara diadakan saat ini.

“Dengan mengikuti dan memahami pelatihan yang diberikan, maka Kumtua bisa mengatur peruntukan DD tersebut. Pasalnya, semua penggunaan DD juga akan dilakukan audit langsung Badan Pemeriksan Keuangan (BPK). Karena itu, kepada para kepala desa agar menggunakannya secara terukur, terarah serta dapat dipertanggungjawabkan,” tutup Silinaung.(ecanamangge)

Leave a Reply