Lestarikan Alam, Ivansa Canangkan Penanaman Pohon

Minahasa – Bertempat di Desa Passo Kecamatan Kakas Barat, Kabupaten Minahasa, Senin (20/05), Wakil Bupati Minahasa, Ivan SJ Sarundajang (Ivansa),­ mencanangkan Penanaman pohon.  

Acara dalam rangka peringatan hari menanam di kabupaten Minahasa tersebut turut dihadiri, Asisten II DR Wilford Siagian, Asisiten III Hety Rumagit SH, serta jajaran pejabat di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Minahasa.

Dalam sambutannya, Ivansa mengatakan, Pemkab Minahasa sangat peduli lingkungan. Sebagai buktinya, peringatan hari menanam tersebut dilakukan penanaman bibit pohon, guna kelestarian alam sebagai resapan air untuk menjaga ketersediaan air di Danau Tondano.

“Penanaman sejuta pohon akan digalakkan dengan melakukan penanaman hutan produksi mulai dari Desa Passo. Dengan harapan, penanaman hutan produksi mulai saat ini akan memberikan kesejahtaran pada anak cucu kita dikemudian hari,” ujar Ivansa.

Dalam sambutannya pula, Ivansa mengajak para pejabat seperti para Camat se-Kabupaten Minahasa, memanfaatkan tanah milik pemerintah dengan ditanami pohon.

“Manfaatkan setiap lahan kosong dengan menanam pohon, karena kegunaannya sangat besar bagi kita,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kehutanan Minahasa Ir Wenny Talumewo mejelaskan, Tahun 2013, Pemkab Minahasa menyiapkan 2.240.000 ribu bibit pohon dan sebagiannya telah ditanam.

“Program Pemkab Minahasa dalam Tahun berjalan ini untuk kelestarian lingkungan diantaranya, pembangunan hutan kota seluas 10 hektar yang telah di setujui oleh pemerintah pusat, 25 hektar untuk reboisasi hutan Minahasa, penghijauan lingkungan pemukiman dan pembuatan pesemaian,” terang Talumewo.

Leave a Reply