Lomba Cipta Menu Pangan Lokal Ramaikan HPS Ke-33

Kegiatan Lomba Cipta Menu di Minahasa

Kegiatan Lomba Cipta Menu di Minahasa

Minahasa – Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-33 di Kabupaten Minahasa, yang dirayakan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Minahasa, diramaikan dengan lomba cipta menu dari pangan lokal yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA), berbasis makanan khas daerah, Kamis (21/11), bertempat dihalaman Kantor BKP Minahasa.

Perayaan yang biberi tema, “Optimalisasi Sumber Daya Lokal Melalui Diversifikasi Pangan Menuju Kemandirian Pangan dan Perbaikan Gizi Masyarakat” ini, diikuti 24 Kecamatan dari 25 Kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa.

Kepala BKP Minahasa, Ir Nelwan J Runtukahu, dalam laporan kegitannya mengatakan, Minahasa merupakan daerah yang telah swasembada pangan beras dan sudah memiliki sembilan lumbung pangan Desa dan satu lumbung pangan Pemerintah.

“Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan hari jadi Minahasa ke-585 dan diramaikan dengan lomba cipta menu berbasis makanan khas daerah yg diikuti oleh tim penggerak PKK Kecamatan dan lomba aneka olahan pangan lokal diikuti oleh kelompok program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi pangan (P2KP),” ujarnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Minahasa, Ny Olga Sajow-Singkoh dalam sambutannya mengatakan, Minahasa dikaruniai tanah yang subur sehingga segala jenis pangan bisa tumbuh untuk kebutuhan konsumsi masyarakat.

Dikatakannya, melalui HPS ini, dirinya mengajak masyarakat Minahasa untuk memanfaatkan pekarangan yang ada untuk ditanami segala jenis tanaman pangan agar Minahasa bisa mandiri pangan.

“Selain itu mari kita konsumsi pangan beragam, bergizi dan seimbang untuk kesehatan kita dan keluarga kita,” ujarnya.

Sementara, sambutan Bupati Minahasa yang dibacakan Sekda Minahasa, Jefry Robby Korengkeng SH MSi mengatakan, masalah pangan merupakan hal yg paling mendasar sehingga, HPS ini dapat dijadikan pemahaman akan kepedulian masyarakat dan stakeholder terkait, terahadap pentingnya penyediaan pangan yg cukup dan bergizi dalam program P2KP.

“Gerakan makan pangan lokal merupakan tindak lanjut program nasional “one day no rice” dan program daerah kita yaitu “Gentanasi”. Sekaligus mengajak semua untuk mengurangi konsumsi nasi dan mengganti dengan sumber karbohidrat lainnya, yakni mengkonsumsi pangan lokal yang memiliki sumber protein, sumber vitamin,” ungkap Korengkeng sekaligus menyampaikan selamat hari pangan nasional ke-33 dan selamat berlomba.

Kegiatan ini sendiri dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Tondano, Risman Tarihoran SH MH, Sekda Minahasa, Jefry Robby Korengkeng SH MSi, Ketua TP PKK Minahasa, DR Olga Sajow-Singkoh MHum, Sekretaris BKP Provinsi Sulut, Ir Lus Turangan Msi, jajaran pemda, jajaran BKP Minahasa, Tim Penggerak PKK se Kecamatan di Minahasa, serta kelompok program P2KP Minahasa.(fernando lumanauw)

Leave a Reply