Maksimalkan Pelayanan RSUD Mitra Hebat, Pemkab Kucurkan Rp 7,5 Miliar

Mitra – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Minahasa Tenggara (Mitra), yang berlokasi di Desa Towuntu Timur Kecamatan Pasan, sedianya telah diresmikan sejak tahun 2017 lalu. Namun hingga kini, Rumah Sakit kebanggaan warga Mitra tersebut belum maksimal untuk beroperasi dikarenakan fasilitas penunjangnya yang belum memadai.

Kepala Dinas Kesehatan Mitra dr Helny Ratuliu, kepada wartawan mengatakan, sejauh ini penggunaan RSUD tersebut masih sebatas pelayanan layaknya Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) atau belum berfungsi seperti RSUD pada umumnya.

“RSUD tersebut sudah difungsikan, masih berfungsi seperti Puskesmas saja,” katanya.

Untuk itu, menjawab kerinduan masyarakat agar Rumah Sakit tersebut segera beroperasi secara maksimal layaknya Rumah Sakit pada umumnya, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra menganggarkan dana sebesar Rp 7,5 miliar untuk pembenahan RSUD tersebut.

“Sudah dianggarkan untuk penambahan fasilitas penunjang. Jadi, dengan dianggarkannya Rp 7,5 miliar tahun 2019 ini maka, RSUD ini dipastikan segera beroperasi,” ungkap Ratuliu baru-baru ini.

Ratuliu mengaku kalau RSUD Mitra sedikit terlambat dikarenakan adanya perubahan pembangunan tata ruang kabupaten. Menurutnya, perubahan rencana tata ruang itu didalamnya menyangkut keberadaan Rumah Sakit.

“Tapi sekarang tata ruangnya sudah dalam tahap finalisasi oleh pihak berkompeten di eksekutif maupun legislatif,” pungkasnya.

Informasi diperoleh Cybersulutnews.co.id, penyaluran anggaran akan dibagi dalam tiga tahap, masing-masing sebesar Rp 2,85 miliar, Rp 2,485 miliar dan Rp 2,2 miliar.

Sejumlah fasilitas penunjang yang akan direalisasikan diantaranya, perlatan kesehatan, mobil ambulance/jenazah, perlengkapan rumah tangga, penyusunan dokumen lingkungan hidup, pengembangan ruangan radiologi, pembangunan instalasi farmasi, pembangunan gedung maternitas, pembangunan jembatan kompleks RS, pembangunan jaringan air bersih dan penataan kompleks RS.(fernando lumanauw)

Leave a Reply