Manado Tak Masuk 10 Destinasi Prioritas `

Manado — Miris. Kota Manado belum bisa menjadi prioritas tujuan wisata di Indonesia. Pasalnya, berdasarkan data pemerintah pusat, ada 10 destinasi wisata prioritas (selengkapnya lihat grafis, red). Taman Laut Bunaken ternyata tidak termasuk di dalamnya.

Kepala Dinas Pariwisata Hendrik Warokka saat dikonfirmasi mengaku, hal tersebut justru menjadi pemicu bagi Pemkot Manado untuk fokus pada pengembangan wisata di Bunaken. “Ya, itu justru jadi semangat bagi kami dalam melakukan pembenahan untuk Taman Laut Bunaken,” ujarnya baru-baru ini.

Menurutnya, hal itu menjadi perhatian pemerintah. Dan saat ini sudah dikumpulkan semua pihak yang terlibat dan diadakan pembahasan. “Intinya, kami terus berikan perhatian membuat Bunaken jadi lebih baik dan layak dikunjungi. Sementara itu, pihak kami laksanakan tindak lanjut berdasarkan yang telah dilakukan gubernur dan wakil gubernur, yakni dengan adanya pembebasan visa serta dibukanya jalur penerbangan langsung Tiongkok-Manado,” tandasnya.

Yang pasti, kata dia, pihaknya akan melakukan yang terbaik untuk Pulau Bunaken menjadi lebih indah dan layak dikunjungi.

Kementerian Pariwisata RI tidak mencantumkan nama Kota Manado dalam daftar 10 destinasi wisata prioritas tahun ini. Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw pun mengakui hal ini. “Memang tidak masuk. Saya juga bingung parameternya apa. Perlu diketahui, sembilan dari 10 daerah yang dinobatkan sebagai destinasi wisata prioritas tidak punya akses penerbangan langsung. Tidak ada flight langsung dari luar,” tukasnya.

Menurut Wagub, ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pemkot Manado dan juga Pemprov Sulut untuk melakukan berbagai terobosan agar sektor pariwisata daerah ini lebih maju ke depan. “Itu survei Kementerian Pariwisata. Mudah-mudahan ke depan Manado akan masuk menjadi daerah destinasi wisata di Indonesia,” tukasnya.(erick)

Leave a Reply