Minahasa Raih Penghargaan KLA dari Kementrian PPPA

Makassar – Kabupaten Minahasa meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Repoblik Indonesia. Penghargaan ini diterima langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, mewakili Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, bertempat di Hotel Four Points By Sheraton Makassar, dalam acara Malam Penghargaan KLA Tahun 2019.

Sekda Korengkeng usai menerima penghargaan ini menyampaikan, pihaknya berterima kasih kepada seluruh rakyat Minahasa dan seluruh stakeholder terkait, atas kerjasama yang baik sehingga Kabupaten Minahasa dapat meraih Penghargaan ini.

“KLA adalah komitmen Pemkab Minahasa dibawah pemerintahan Bupati ROR dam Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, yang tentunya sejalan dengan komitmen Pemerintah Pusat untuk dapat terus mendukung Program-program untuk Anak di Minahasa,” kata Korengkeng.

Sebagai contoh kata Korengkeng, bentuk kepedulian Pemkab Minahasa dibawah kepemimpinan ROR-RD, adalah dengan pemberian seragam gratis bagi Anak Sekolah.

“Kedepan kami berharap agar dapat meningkatkan perhatian bagi pemenuhan hak-hak dan perlindungan anak,” pungkas Korengkeng.

Sementara, Malam Pemberian Penghargaan ini diawali dengan laporan oleh Dra Lenny Rosalin MSi, dimana dalam laporannya menyampaikan bahwa, Penghargaan KLA ini merupakan apresiasi bagi Daerah dalam komitmen dan upayanya untuk pemenuhan Hak dan Perlindungan Khusus Anak.

Penerima penghargaan ini telah melalui proses penilaian yang komprehensif oleh Tim Independen dengan memperhatikan 24 Indikator Penilaian. Proses penilaian melalui 4 tahap yaitu, Penilaian Mandiri, Verifikasi Administrasi, Verifikasi Lapangan dan Verifikasi Final.

Selanjutnya dilaporkan bahwa, untuk Penghargaan KLA Tahun 2019 merupakan Tahun ke-7 digelar dan untuk Tahun 2019 ini terdapat 247 Kabupaten/Kota yg meraih penghargaan ini, meningkat 40% dibandingkan dengan Tahun 2018.

Menteri PPPA RI Prof DR Yohanna Yembise Dip Apling MA dalam sambutan menegaskan komitmen Pemerintah dalam Pemenuhan hak dan Perlindungan Anak sesuai amanat UUD 1945 Pasal 28B ayat 2, dimana setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.(fernando lumanauw)

Leave a Reply