Miris God Bless Park Manado

Sorot : Vebry Deandra

TAMAN berkat atau god bless park di jalan Piere Tendean Boulevard atau tepatnya disamping Manado Town Square (Mantos) yang merupakan salah satu ikon di Kota Manado dengan patung (seperti) tangan berdoa begitu bermakna bagi pemerintah maupun masyarakat Manado.

Toilet di God Bless Park Manado yang kotor dan jorok.

God bless park yang dibangun tersebut merupakan aset Pemerintah Kota Manado yang memanfaatkan 16 persen lahan reklamasi yang menjadi milik pemerintah. Di tempat tersebut ada beberapa sarana dan prasarana olah raga, antara lain lapangan basket, panjat tebing dan skateboard.

Tahun 2017 saat dihelat Manado Fiesta, taman berkat ini juga bersolek dan terlihat indah. Malah Walikota Manado, GS Vicky Lumentut dalam beberapa tulisan di media cetak maupun online mengatakan secara berlahan pemerintah melengkapi sarana dan prasarana di taman tersebut, juga akan membangun pusat kuliner tradisional.

Toilet yang kotor dan jorok di taman berkat Manado.

Namun saya terkejut saat mengunjungi taman berkat pada Minggu 21 Januari 2018 pada pukul 07.30 Wita. Taman ini ‘wajahnya’ berganti suram. Terlihat banyak sampah dan bangunannya juga kusam.

Parahnya lagi saat masuk ke toilet begitu kotor dan jorok. Bau busuk menyeruak hingga membuat saya tak tahan di toilet god bless park tersebut. Saya pun harus mengabadikan foto-foto ini supaya bisa diperhatikan Pemerintah Kota Manado.

Sungguh sangat disayangkan taman berkat yang berada di pusat kota Manado tak terawat seperti itu. Bagaimana jika turis mancanegara maupun turis lokal bila berkunjung di tempat itu ?

Bagaimana jika pemuda-pemuda yang asyik bermain basket lantas kebelet harus ke toilet ?

Bagaimana bisa jadi tempat rekreasi keluarga atau kegiatan keagamaan kalau kebersihan tidak terjaga ?

Siapa yang bertanggung jawab di taman berkat tersebut mengenai kebersihannya ?

MENCIPTAKAN BANGUN SEPERTI GOD BLESS PARK HAL MUDAH, TETAPI YANG SULIT MERAWAT APA YANG SUDAH DIBUAT TERSEBUT. (***)

Leave a Reply