ODSK Kembali Buka Job Fair 2019, Buat Pencaker, Ada 2500 Lowongan Kerja

Manado – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang dinahkodai Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven OE Kandouw (ODSK) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Provinsi Sulut, mengadakan Pameran Kesempatan Kerja ‘Job Fair 2019′ yang berlangsung selama dua hari sejak Selasa (06/08) hingga Rabu (07/08) bertempat di IT Center Jl Piere Tendean Boulevar Manado.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Provinsi Sulut Ir Erny Tumundo MSi mengatakan Pameran Kesempatan Kerja Job Fair 2019 tingkat Provinsi kali ini, melibatkan sebanyak 50 Perusahaan yang bergerak di sektor ritel, perbankan, dan industri dengan 2.500 lowongan kerja.

Tumundo mengakui bahwa sebelum dilakukan pembukaan pameran bursa tenaga kerja ini, para Pencari Kerja (Pencaker) telah mendaftarkan diri melalui e-bursakerja.kemnaker.go.id.

“Jadi kami sudah memulai dengan pendaftaran secara online lewat aplikasi e-bursakerja yang ada, dan dari aplikasi ini, yang sudah mendaftar secara online kurang lebih 1.500 pencaker,” tandas Tumundo di sela-sela Pembukaan Pameran Kesempatan Kerja’Job Fair 2019′ di Lt.4 gedung IT Center Manado, Selasa (06/08/2019) pagi.

Akan tetapi, selain telah menyediakan sistem pendaftaran lowongan kerja berbasis aplikasi e-bursakerja.kemnaker.go.id, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Provinsi Sulut masih memberikan atau melayani bagi pencaker yang mendaftar secara manual dari berbagai lowongan pekerjaan yang ada.

“Karena kami melihat bahwa tingkat pendidikan yang dibutuhkan dari perusahaan-perusahaan terbanyak SMA SMK dan sarjana S1, sehingga walaupun sudah ada aplikasi bagi pencaker, kami juga melayani pendaftaran secara manual,” terang Kadis Erny Tumundo.

Tumundo berharap melalui program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) di instansi yang dipimpinnya, maka tentu terjadi lagi pengurangan angka pengangguran, karena tersedia lapangan pekerjaan bagi para pencari kerja dan tentu akan mengurangi kemiskinan yang ada.

Selain itu, Tumundo menjelaskan bahwa Pameran Kesempatan Kerja’Job Fair’ juga telah mulai dilaksanakan di tingkat Kabupaten dan Kota di Sulut.

“Ini juga bukan hanya dilakukan oleh provinsi, akan tetapi sejak 2019, kami mendorong juga untuk kabupaten dan kota bisa melaksanakan bursa tenaga kerja ini, sehingga lebih mendekatkan diri lagi kepada jangkauan untuk pencari kerja yang ada di kabupaten dan kota,” kata Tumundo.

Diketahui, untuk tahun 2019 ini, Pameran Bursa Kerja telah dilaksanakan oleh kota Tomohon, Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Utara.

Sehingga Tumundo pun berharap, para Pencaker yang tersebar di Kabupaten dan Kota, semakin berkurang. Dalam arti para Pencaker lainnya telah terakomodir pada Job Fair di Kabupaten dan Kota.

Malahan, tambah Kadisnakertrans Sulut ini, kegiatan yang sama akan dilanjutkan oleh Kemenaker RI pada tanggal 08 – 09 Agustus 2019 di Kawanua Hotel Manado.

Leave a Reply