Olly : Saya Optimisitis Manado Fiesta Masuk Callendar of Event Pariwisata

Manado – Event spektakuler Manado Fiesta yang digagas Pemerintah Kota Manado dipastikan akan mendongkrak kunjungan wisatawan di Bumi Nyiur Melambai.

Oleh sebab itu, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengaku optimistis bahwa Manado Fiesta bakal masuk dalam kategori kegiatan berskala nasional, yakni callendar of event pariwisata.

Gubernur Olly yang menghadiri pembukaan Manado Fiesta 2019 mengatakan akan meminta Kementerian Pariwisata agar memasukkannya dalam event pariwisata nasional.

“Saya akan minta ke Menteri Pariwisata, supaya tahun depan Manado Fiesta sudah masuk dalam event pariwisata nasional,” ungkap Dondokambey saat membuka kegiatan yang dipusatkan di Kawasan Pohon Kasih Megamas Manado, Sabtu (27/7/2019).

Sejauh ini, kata Olly, kegiatan pariwisata yang masuk event nasional baru Festival Bunaken, Tomohon Internationa Festival Flower (TIFF) dan Festival Selat Lembeh. Bahkan dimasukkan ke dalam 100 Wonderful of Event 2019.

“Baru tiga acara ini yang masuk agenda nasional di Kementerian Pariwisata. Tahun depan Manado Fiesta sudah masuk,” tukasnya.

Event pariwisata yang digelar di kabupaten/kota, jelas Olly sudah mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sulut. Untuk itu, kegiatan seperti ini harus terus didorong.

“Kita akan dorong terus agar kabupaten dan kota konsisten menggelar event pariwisata nasional setiap tahun. Kegiatan seperti ini tentunya sangat berdampak secara ekonomi bagi masyarakat Sulut,” kata Olly.

Gubernur menuturkan, kendati baru 2,5 tahun concern di sektor pariwisata, namun namun sambutan masyarakat Sulut, baik mancanegara maupun dalam negeri terlihat meningkat begitu pesat.

“Tahun 2019 kira-kira bertambah dua juta orang yang datang ke Sulut,” ungkap Olly sambil menambahkan bahwa pariwisata menjadi sumber pendapatan yang menggairahkan perekonomian.

“Ini suatu hal yang sangat baik bagi kita. Mari kita bergandengan tangan agar Sulut menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia selain daerah lainnya,” kata Olly.

Diketahui, baru-baru ini Kemenpar telah menobatkan Sulut sebagai The Rising Star sektor pariwisata Indonesia, karena mampu mendorong pertumbuhan kinerja pariwisatanya hingga 600% dalam empat tahun terakhir.

Sementara itu, Walikota Manado Vicky G Lumentut mengatakan Manado Fiesta merupakan event tahunan yang didedikasikan untuk mendukung Kementerian Pariwisata. Bahkan merupakan program dari Bapak Presiden Joko Widodo, serta Bapak Gubernur Sulut, dalam pembangunan industri pariwisata di Sulut.

“Melalui kegiatan ini target satu juta turis mancanegara di Sulut akan terealisasi. Di mana pintu masuk keluarnya adalah Kota Manado,” ujarnya.

Pembukaan Manado Fiesta turut dihadiri perwakilan Kementerian Pariwisata dan sejumlah duta besar negara-negara sahabat, jajaran Forkopimda, Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Gubernur Steven OE Kandouw, Wakil Ketua TP PKK Kartika Devi Kandouw-Tanos.

Leave a Reply