by

PAD BPPRetda Minahasa Triwulan Pertama Capai 20 Persen dari Target Rp 37 Miliar Tahun 2021

Minahasa – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Badan Pengelolah Pendapatan dan Retribusi Daerah (BPPRetda), untuk triwulan pertama tahun 2021, capai 20 persen. Hal ini dikatakan Kepala BPPRetda Minahasa Jouddy Kapojos SH, saat diwawancarai Cybersulutnews.co.id, Rabu (31/03) siang.

Meski demikian, capaian ini belum mencapai target yang ditetapkan untuk triwulan pertama yakni 25 persen. Menurutnya, hal tersebut memang biasa terjadi diawal tahun berjalan.

“Capaian target PAD kita untuk triwulan pertama ini sebesar 20 Persen. Ini memang dibawah target kami sebesar 25 persen, dan hal ini memang biasa bila diawal awal tahun, apalagi saat ini kita masih dalam kondisi Pandemi COVID-19,” ujar Kapojos.

Kata Kapojos, target PAD di triwulan pertama yang tak capai tersebut biasanya tertutupi pada capaian triwulan kedua. Hal ini menyusul sektor-sektor penghasil PAD mulai bergairah atau mulai ramai kembali.

“Dalam empat triwulan dalam setahun, secara perencanaan memang kami targetkan 25 persen per triwulan. Ada triwulan yang biasanya tidak capai seperti triwulan pertama tadi, namun itu biasanya tertutupi pada triwulan kedua, yang biasanya melebihi target. Seperti triwulan kedua ini, kami optimis bisa capai 40 sampai 50 persen, dengan asumsi bahwa perekonomian mulai normal kembali,” tukasnya.

Sementara, untuk tahun 2021 lalu, BPPRetda Minahasa hanya mencapai 97 persen dari 100 target PAD. Adapun target PAD yang ditetapkan tahun lalu sebesar Rp 44 Miliar, namun karena pandemi COVID-19, diubah dan ditetapkan kembali menjadi Rp 33 Miliar.

“Kita terkendala karena masa-masa pandemi COVID-19. Tapi kita bersyukur, Minahasa di tahun itu masih dapat dikatakan maksimal karena hampir capai 100 persen. Untuk tahun ini, target PAD kita sebesar Rp 37 Miliar, atau naik kembali dari Rp 33 Miliar, meski belum seperti yang ditetapkan awal tahun lalu sebesar Rp 44 Miliar, karena pandemi masih berlangsung. Semoga pertengahan sampai akhir tahun nanti bisa normal dan bisa melebihi target,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed