Pelayanan Kantor Pertanahan/BPN Manado Dinilai Tak Becus

Manado- Pelayanan kantor Pertanahan/BPN Manado dinilai tak becus. Hal ini dikatakan Vebry Tri Haryadi, warga Manado, kepada media, Rabu (07/02/2018).

Mantan wartawan yang saat ini berprofesi sebagai Pengacara sangat kecewa dengan pelayanan kantor tersebut. “Saya datang ke kantor pertanahan itu pukul 14.27 Wita, dimana pelayanan tertulis pada loket pelayanan tutup pukul 15.00 Wita. Akan tetapi saat mengambil nomor antrian di meja security dikatakan nomor antrian sudah habis dan bisa langsung ke loket pelayanan saja,” kata Vebry.

Lanjutnya, saat ke loket pelayanan untuk mengambil hasil di meja pegawai bernama Billy Tamberongan, pegawai tersebut malah menolak melayani dengan alasan pelayanan sudah tutup.

“Saya ditanya nomor antrian oleh pegawai nama Billy itu, lantas saya jelaskan bahwa nomor antrian di meja security sudah tidak ada. Saya disilahkan security bisa langsung ke loket pelayanan. Bagaimana ini? Kan belum pukul 15.00 Wita?,” ujar Vebry.

Tak sampai disitu saja, pegawai Billy tersebut mengatakan, kalau mau komplain silahkan kepada security. “Pelayanan sudah tutup, jangan komplain ke saya. Silahkan komplain ke security,” katanya dengan nada tak mengenakan.

Tak berapa lama pengunjung lainnya, seorang ibu memberitahukan bahwa dirinya juga tak diberi nomor antrian. Pelak saja, Pengacara tersebut langsung angkat suara menyatakan pelayanan BPN Manado tak bisa demikian yang mengecewakan masyarakat.

Saat terjadi perdebatan yang mengundang perhatian orang-orang di kantor tersebut, Kepala Subbagian Tata Usaha BPN Manado, Nursiah Nurdin SE kemudian menengahi dan mengambil bukti pengambilan sertifikat milik Pengacara itu.

“Ibu itu meminta bukti pengambilan sertifikat. Dan langsung mempersilahkan saya untuk mengambilnya di loket pelayanan pengambilan. Tetapi saya sangat kecewa, nanti sudah ramai baru mau dilayani. Saya mempunyai harga diri dan tahu aturan. Saya minta kepala BPN Manado untuk benahi pelayanan di kantor pertanahan itu serta membina pegawainya yang seenaknya itu,” jelasnya sembari menyatakan kejadian ini sudah berulang kali di kantor itu yang diungkapkan seorang pengunjung lainnya.

Kepala BPN Manado, Patrick Ekel setelah mendengar kejadian tersebut meminta maaf. “Saya minta maaf atas kejadian itu, saya akan membenahi pelayanan di kantor kami. Terimakasih atas masukan bapak dan ini akan membantu kami untuk menjadikan BPN kebanggaan bersama. Bantu kami untuk menjadi lebih baik,” ucapnya. (ren)

Leave a Reply