Pembebasan Lahan Tol Manado-Bitung Dimainkan, SHS :Ini Perbuatan Keji

Manado – Adanya spekulan yang ditengarai bermain dalam pembebasan lahan jalan tol Manado-Bitung membuat Gubernur Sulut, Dr SH Sarundajang (SHS) geram. Kepada wartawan, Selasa (14/5) di kantor gubernur, SHS mengaku telah meminta aparat hukum menyelidiki adanya dugaan permainan dilakukan spekulan tanah dalam pembebasan lahan tol Manado-Bitung.

“Ini perbuatan keji, dosa besar bagi warga Sulut. Karena itu bila ditemukan ada spekulan tanah yang bermain dalam pembebasan lahan tol Manado-Bitung, maka saya tegas untuk memproses hukum karena ini merupakan kejahatan,” kata SHS.

Menurutnya, sangat mudah mengetahui bila ada spekulan tanah yang bermain. Sebab melalui akte jual beli (AJB) akan mudah ditelusuri seluk beluk kepemilikan tanah. “Dengan begitu akan mudah mengidentifikasi adanya spekulan tanah yang bermain,” tukasnya. 

Selanjutnya SHS mengatakan, bangunan baik sekolah, gereja maupun kuburan yang berdiri di tanah yang sudah dibebaskan atau telah dibayarkan, tidak diperkenankan bagi masyarakat untuk mengambil atau merusak bangunan, tanaman atau benda lain yang berada di atas tanah hasil pembebasan atau pelepasan hak tersebut. “Pasalnya, semua itu sudah menjadi milik negara atau daerah,” terangnya.

SHS sebelumnya juga mengingatkan agar Pemerintah Daerah Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) untuk melakukan sosialisasi, pengawasan dan pendekatan kepada masyarakat secara terus menerus, seraya menganggarkan biaya pembebasan tanah di jalur jalan tol. 

“Diharapkan sebelum tender pada bulan Oktober 2013, pembebasan tanah dari Manado Airmadidi sejauh 13,5 km bisa terselesaikan,” harap SHS.

Leave a Reply