Pemilik Rumah Makan Di Danau Tondano Harus Punya Andil Berantas Eceng Gondok

Minahasa – Para pengusaha atau pemilik rumah makan yang berada di pesisir Danau Tondano, harus punya andil dalam pemberantasan eceng gondok di Danau Tondano.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Minahasa, Ivan SJ Sarundajang, kepada CSN, Rabu (21/08).

“Para pemilik restoran yang ada diseputaran Danau Tondano harus punya peran aktif dalam memberantas eceng gondok di Danau Tondano, seperti contoh dengan turut serta melakukan pengangkatan gulma air, yang ada diseputaran lokasi restoran,” ujarnya.

Menurutnya, para pemilik rumah makan di seputaran Danau Tondano harus peka dan peduli terhadap lingkungan, khususnya dalam melakukan penanganan keberadaan eceng gondok, tak hanya pemerintah atau nelayan saja.

“Jangan hanya mencari keuntungan saja, tapi juga harus memperhatikan lingkungan sekitar,” tandasnya.

Lebih lanjut, Ivansa menambahkan terkait dengan pelestarian tersebut telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2004 dan Peraturan Daerah tentang DAS Nomor 1 Tahun 2013, bahwa kelestarian alam Danau Tondano harus diperhatikan dan dilindungi.

“Diperhatikan dan dilindungi sebagaimana tertuang dalam peraturan tersebut yakni peran serta semua masyarakat, termasuk pemilik rumah makan itu. Untuk itu, saya juga berharap ada peran aktif masyarakat secara intens untuk menyelesaikan permasalahan eceng gondok, secara khusus bagi mereka yang tinggal ataupun bersentuhan langsung dengan Danau Tondano, baik pemilik restoran maupun para pemilik tambak,” ujarnya.

Leave a Reply