Pemkab Akan Bantu Korban Banjir dan Tanah Longsor

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Minahasa, Agustivo Tumundo SE MSi

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Minahasa, Agustivo Tumundo SE MSi

Minahasa – Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), menyatakan kesiapan Pemerintah Kabupten (Pemkab) Minahasa, untuk membantu dana untuk membangun rumah kembali, bagi korban bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Minahasa, yang rumahnya rusak tertimbun tanah atau hanyut karena banjir.

Hal ini dikatakan juru bicara Pemkab Minahasa, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Minahasa, Agustivo Tumundo SE MSi, kepada sejumlah wartawan, Senin (20/01).

“Pemkab Minahasa akan membantu dengan dana untuk korban banjir dan tanah longsor yang rumahnya rusak,” ujar Tumundo.

Menurutnya, setiap kerusakan akibat bencana di Minahasa ini akan didata lebih dahulu oleh Pemkab Minahasa, sebelum diberikan bantuan dana.

Namun demikian, dikatakan Tumundo, bantuan Pemkab Minahasa ini tidak untuk membantu seratus persen kerusakan.

“Belum tau berapa besaran nominal untuk kerusakan baik paling parah, sedang dan kerusakan ringan, yang pasti Pemkab akan membantu meski tak seratus persen,” ujarnya.

Sementara, puluhan rumah di sejumlah tempat berbeda di Kabupaten Minahasa, seperti di Desa Tateli Kecamatan Tombariri dan Desa Kembes serta Desa Rumengkor Kecamatan Tombulu, mengalami kerusakan, 13 rumah diantaranya rusak total sementara puluhan lainnya rusak berat dan ringan. Selain itu, lima warga Minahasa meninggal dunia akibat bencana ini.(fernando lumanauw)

Leave a Reply