Pemkab Berhasil Tekan Aangka Melek Huruf

Ondong – Pemerintah Kabupaten Sitaro, sejauh ini dinilai berhasil menekan angka melek huruf (AMH).

Buktinya, terlihat jelas dari data yang diperoleh, dimana target AMH sejak 2014 dan 2015 sekitar 99,99 persen sedangkan 2016 mencapai 100 persen.

Tentunya, rentetan keberhasilan ini dibarengi juga dengan meningkatnya sumber daya manusia (SDM) di negeri 47 pulau.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Sitaro Robert Kahiking, mengatakan, penurunan angka melek huruf dari awal Sitaro dimekarkan, memang sudah menjadi target pemerintah untuk menekannya.

“Saat ini AMH mencerminkan presentase penduduk yang dapat membaca dan menulis.

Sebelumnya tahun 2014, AMH mencapai 99,53 persen. Nilai ini sedikit menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni 99,82 persen.

Capaian ini menunjukkan bahwa hampir seluruh penduduk telah mampu membaca dan menulis,” kata dia, di Ondong kemarin.

Diakui Kahiking, untuk menekan angka buta huruf sudah menjadi salah satu target prioritas.

Sehingga pihaknya terus mengkampanyekan dan membuat terobosan untuk mengurangi buta huruf.

“Sejauh ini warga sudah bebas dari buta huruf. Tahun lalu data yang terakhir hanya ada satu dua orang di beberapa kecamatan.

Tahun ini kami targetkan sudah tidak ada lagi yang namanya warga yang mengalami buta huruf karena mengingat juga sudah tidak ada lagi paket B,” ucap dia lagi.

Sementara itu, keberhasilan pemerintah ini diiyakan oleh Ronal Tatambihe, salah satu tokoh pemuda asal Kecamatan Siau Barat Utara. Meski demikian, Ronal mencermati, masih ada saja warga buta huruf. Tapi, jumlahnya sudah berkurang.

“Di Sitaro masih ada warga buta huruf tapi tinggal di hitung dengan jari saja. Ini menunjukan ada usaha juga dari pemerintah dalam menekannya,” ujar dia.

“Sebagai masyarakat tentunya hanya bisa berharap besar ke pemerintah bisa mengagendakan program untuk pro rakyat, menargetkan untuk bisa menghilangkan buta huruf.

Itu salah satu kontribusi nyata untuk meningkatkan pembangunan manusia, yang nantinya bisa bersaing dan maju, tujuannya jelas Sitaro lebih baik kedepan, dan hebat,” tutupnya.(jackmar tamahari)

Leave a Reply