Pemkab Minahasa Gelar Fasilitasi Pengembangan E-Goverment di Kabupaten Minahasa Tahun 2017

Minahasa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, melalui Bagian Infrastruktur Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Minahasa, menggelar kegiatan Fasilitasi Pengembangan E-Goverment di Kabupaten Minahasa tahun 2017, bertempat di Balai Pertemuan Umum Kelurahan Wawalintouwan Kecamatan Tondano Barat, Selasa (21/11) pagi.

Kegiatan ini diawali laporan oleh Kepala Bagian Infrastruktur Setdakab Minahasa Ricky H R Laloan SH, serta dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Minahasa DR Wilford Siagian MA, mewakili Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Minahasa Ir Dolfie Kasenda MSi, yang juga sebagai narasumber, serta para peserta utusan SKPD dan Kecamatan se-Kabupaten Minahasa.

Asisten II Wilford Siagian saat membacakan sambutan Bupati JWS mengatakan, pemanfaatan teknologi digital, dalam hal ini teknologi informasi dan komunikasi, dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas kinerja pelayanan dan program pemerintah, bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Sesuai Inpres nomor 03 tahun 2003, tentang kebijakan dan strategi nasional, pengembangan E-Government memiliki empat tahap yakni, persiapan, pematangan, pemantapan dan pemanfaatan,” terang Siagian.

Lanjut dikatakannya, pengembangan E-Government merupakan sebuah proses panjang yang harus dikelola secara berkesinambungan dan bukan sebuah proses yang instant.

“Perencanaan yang menyeluruh diperlukan diawal agar pembangunan E-Government dapat berjalan sesuai tujuan. Tidak pula hanya pengembangan infrastruktur dan aplikasi saja, tetapi juga menyangkut faktor lainnya seperti sumber daya manusia, kebijakan dan data,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply