Pemkab Minahasa Gelar Sosialisasi Minat dan Budaya Baca Bagi Pelajar SMA/SMK

Minahasa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, melalui Bagian Pemberdayaan Masyarakat dan Trantibum Linmas, Rabu (17/07) pagi, menggelar kegiatan Publikasi dan Sosialisasi Minat dan Budaya Baca, bagi para Pelajar di Kabupaten Minahasa, bertempat di ruang sidang Kantor Bupati.

Kegiatan ini dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten (Sekdakab) Minahasa Drs Denny Mangala MSi, mewakili Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA, dan dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan Prov Sulawesi Utara Jani N Lukas SPi MSi, selaku Narasumber dan Kabag Pemberdayaan Masyarakat dan Trantibum Linmas Engelbert raintung SE dan pelajar SMA Negeri 1 Tondano .

Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat dan Trantibum Linmas Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Engelbert Raiuntung SE, dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini yakni untuk mendorong dan meningkatkan minat dan kebiasaan membaca agar tercipta masyarakat yang berbudaya membaca.

“Materi yang nanti diberikan dalam kegiatan ini yaitu terkait peningkatan minat dan budaya yang nanti disampaikan oleh para narasumber,” kata Raiuntung.

Sementara, Mangala dalam sambutannya memgatakan, kegiatan ini diharapakan bisa memberikan manfaat positif bagi pelajar karena mereka adalah masa depan bangsa Indonesia.

“Pelajar adalah generasi muda masa depan bangsa, dengan membaca buku tentu akan tau banyak karena pastinya menambah wawasan. Kegiatan ini diharaplan bisa bermanfaat,” ujarnya.

Kepala Dinas Perpustakaan Sulut Jani Lukas mengharapkan, dengan membaca buku dapat meminimalisir penggunaan smartphone. Sebab menurutnya, salah satu faktor berkurangnya minat baca karena adanya smartphone, kiranya itu tak menghalangi kita untuk tetap membaca buku.

“Untuk program Pemprov Sulut kedepannya, Pemerintah akan membuka Perpustakaan digital dengan fasilitas yang nyaman dan lengkap. Dengan sosialisasi ini diharapkan akan bermanfaat untuk adik-adik siswa/ siswi, untuk dapat menggunakan fasilitas Perpustakaan yang ada karena Perpustakaan adalah sumber pengetahuan dan betapa pentingnya perpustakaan untuk menimbah ilmu. Untuk menambah wawasan diharapkan setiap siswa dan siswi untuk membaca buku selama 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar di sekolah,” ujarnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply