by

Pemkab Minahasa Konsultasikan Pilhut Serentak ke Dirjen Bina Pemdes, Ada Wacana e-Voting

Jakarta – Dalam rangka mematangkan pelaksanaan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) Serentak tahun 2022 untuk 98 Desa di Kabupaten Minahasa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, melakukan konsultasi dengan Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa di Jakarta, pada Selasa (18/01).

Pemkab Minahasa yang diwakili Pelaksana Tugas Asisten I Sekdakab Minahasa Drs Riviva Maringka MSi dan Kepala Dinas Pemerintahan dan Desa (PMD) Jefry Tangkulung SH MAP tersebut, membahas berkaitan dengan teknis pelaksanaan nanti, yang sedianya dimulai awal tahun ini.

“Kita mengkonsultasikan soal penyempurnaan Peraturan Bupati, berkaitan pelaksanaan Pilhut nanti. Apalagi, pelaksanaan Pilhut tahun ini kan digelar dimasa COVID-19, sehingga perlu pengaturan-pengaturan khusus berkaitan dengan teknis pelaksanaan. Kami juga melaporkan persiapan yang sudah dilakukan sampai saat ini, baik dari sisi aspek logistik, keamanan, protokol kesehatan dan hal-hal teknis lainnya,” terang Tangkulung.

Dalam pertemuan konsultasi ini juga, kata Tangkulung, disinggung soal wacana diterapkannya mekanisme e-voting atau secara elektronik dalam teknis pemungutan suara Pilhut.

“Direncanakan memang pakai e-voting. Jika ini terlaksana maka Kabupaten Minahasa daerah pertama di Sulut mengunakan sistem e-voting dalam pelaksanaan Pilhut. Soal itu, kita akan lakukan ujicoba di beberapa Desa. Ini semua masuk dalam rangkaian proses persiapan. Bila berhasil, sistem ini tak menutup kemungkinan akan dipakai dalam Pilhut, baik Pilhut tahun ini ataupun tahun-tahun yang akan datang,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed