Pemkab Minahasa Terima Masukan dan Saran Untuk Pembangunan Tahun 2020 Mendatang

Minahasa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, melalui Badan Pengembangan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda), menggelar Forum Konsultasi Publik rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Minahasa Tahun 2020, Senin (18/03) siang, bertempat di ruang sidang Kantor Bupati, Tondano.

Forum konsultasi publik ini bertujuan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan, terkait RKPD 2020, dimana hal ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Repoblik Indonesia nomor 86 tahun 2017, pasal 80 ayat 1 menyebutkan bahwa, RKPD dibahas bersama dengan Kepala Perangkat Daerah dan Pemangku Kepentingan, dalam sebuah forum konsultasi publik.

Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, saat membuka kegiatan ini mewakili Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi mengatakan, forum konsultasi publik ini merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat dan para pemangku kepentingan, untuk penyempurnaan kebijakan penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2020 dan Rancangan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah tahun 2020.

Rancangan tema dan prioritas pembangunan rancangan awal RKPD tahun 2020 Kabupaten Minahasa, menurut Korengkeng yaitu, pemantapan infrastruktur sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup, untuk mendukung peningkatan daya saing sumber daya manusia dan kewilayahan.

“Dengan berbagai sarana prioritas pembangunan yaitu, Mapalus (Masyarakat Peduli dan Tulus untuk sesama), RR-RD (Rakyat Ramah, Rukun dan Damai), RR-RD Tondano (Rehabilitasi, Revitalisasi dan Rekreasi Danau Tondano), Sumikolah, Lansia Sehat, Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH), lengembangan infrastruktur, Pertanian, perikanan dan pariwisata, lingkungan hidup dan pemanfaatan energi terbarukan, serta birokrasi handal dan profesional,” kata Korengkeng yang juga sebagai narasumber dalam kegiatan ini.

Dikatakannya juga, tema dan prioritas pembangunan Kabupaten Minahasa selalu berpedoman pada Peraturan Daerah tentang RPJMD tahun 2018-2023, dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa.

“Saya berharap peserta forum dapat menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang bersifat transparan, responsif, efisien, akuntabel, paritispatif, terukur dan berwawasan lingkungan, terutama sesuai kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.

Sebagai narasumber juga dalam forum ini, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Dr Sihar Wilford Siagian MA, Sekretaris Bappeda Provinsi Sulut Aldrin Anis ST MT, Akademisi Dr Een Walewangko juga selaku penyusunan RKPD tahun 2020, Kepala Bappelitbangda Minahasa Drs Hanes Donald Wagey MBA, serta dihadiri seluruh jajaran Kepala SKPD Pemkab Minahasa, Camat, Tokoh Masyarakat, LSM, Pengusaha dan para peserta forum konsultasi lainnya.

Forum ini kemudian diakhiri dengan penandatanganan berita acara kesepakatan hasil forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Minahasa tahun 2020.(fernando lumanauw)

Leave a Reply