Pemkab Mitra Biarkan Danau Bulilin Tercemar Limbah

Danau Bulilin (foto:ist)

Danau Bulilin (foto:ist)

Mitra – Keberadaan Danau Bulilin di Kabupaten Mitra terkesan tak diperhatikan pemerintah. Pasalnya, danau ini sudah tercemari limbah dari sejumlah rumah makan yang berdiri di atas danau ini.Indikasinya terlihat dengan berubahnya warna air danau menjadi biru kecoklatan. Diduga warna biru itu adalah lumut yang dipicu dari limbah cair. Sementara, endapan sampah dalam Danau menyebabkan warna air berubah coklat.Dari hasil penulusuran limbah yang dibuang sudah termasuk limbah rumah tangga alias kotoran manusia.Itu karena pembuangan disana langsung mengarah ke danau.

Hal ini mengundang keprihatinan sejumlah warga.Salah satunya ungkapan dari Kiky Suryadi tokoh pemuda peduli lingkungan mengatakan, kejernihan air adalah yang paling menarik dari Danau Bulilin.Jika air keruh, maka separuh keindahan Danau hilang.”Ini tentunya amat memprihatinkan,” kata dia.
Mendatangi Buliling tiap akhir pekan, ia mengaku kerap singgah makan di sejumlah rumah makan yang menjual Ikan Mujair.Rasa ikan Mujair, ujar dia, memang enak.Namun tetap saja tak sanggup menandingi pemandangan di sana.

“Saya datang untuk melihat pemandangan, makan hanya pelengkap,” kata dia.
sementara Falent Suoth dari KPA Silian meminta Pemerintah menindak tegas para pemilik rumah makan yang membuang sampah di Danau. “Mereka harus diberikan teguran,” katanya. Falent juga minta pemerintah memberi solusi bagi pemilik rumah makan.
“Mereka melakukan itu bisa saja karena tak tahu buang sampah dimana,” kata dia.
Falen memintakan Pemkab Mitra segera melakukan langkah progresif untuk menyelamatkan Danau Bulilin.
Ditambahkannya selain danau yang kotor, Pemkab masih punya setumpuk pekerjaan rumah.
“Rumah makan di sana belum tertata dengan baik, begitu pula keramba terlebih khusus jalan masuk juga masih rusak,” kata dia. Jika Bulilin diperbaiki, ia yakin uang ratusan juta dari sana akan mengalir ke kas Pemkab.
“Itukan bisa menambah PAD,” kuncinya.(alfian tompunu)

Leave a Reply