Pemkab Mitra Canangkan Gerakan Jumat Bersih, Ini Tujuan Utamanya

Mitra – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), mencanangkan Gerakan Jumat Bersih di Kabupaten Mitra. Pencanangan ini dilakukan Sekretaris Daerah Kabupaten Mitra Drs Robby Ngongoloy SE MSi, mewakili Bupati Mitra James Sumendap SH, Jumat (16/11) pagi, bertempat di halaman Kantor Bupati, Ratahan.

Pencanangan ini ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Bupati Mitra dan peralatan kebersihan secara simbolis kepada perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah, Dharma Wanita Persatuan Mitra, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejateraan Keluarga (TP- PKK), TNI/Polri, Kalangan Swasta, Perbankan, Organisasi Kemasyarakatan, Lembaga Swadaya Masyarakat dan Wartawan.

Penyerahan SK Bupati ini dilakukan Sekda Ngongoloy, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Mitra Drs G H Mamahit, Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekdakab Mitra Drs Pieter Owu ME MSi dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mitra Tommy Soleman.

Sekda Ngongoloy dalam sambutan mewakili Bupati mengatakan, program pencanangan Gerakan Jumat Bersih ini merupakan pelaksanaan kegiatan Jumat Bersih secara serentak di Kabupaten Mitra, dengan tujuan membersihkan lingkungan dari sarang Nyamuk yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, serta penanggulangan sampah agar tidak berdampak negatif bagi kesehatan.

Dirinya meminta masyarakat Mitra untuk berperan aktif dalam program ini. Menurutnya, gotong royong dan perhatian secara terus menerus, akan berdampak baik bagi masyarakat dan lingkungan sendiri sehingga dalam beraktifitas dapat maksimal.

“Menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan saat ini. Gerakan Jumat Bersih ini juga untuk menunjang program penilaian Adipura kategori Kota Kecil di Kabupaten Mitra,” kata Sekda Ngogoloy.

Ngongoloy kemudian mengingatkan betapa pentingnya menanam pohon, melestarikan hutan dan tidak membakar sampah sembarangan, juga tidak membuang sampah sembarangan sekecil apapun, sebab menurutnya itu juga merupakan hal penting.

“Yang harus kita perhatikan adalah cara membuang sampah sesuai kategori sampah, dan yang tak kalah penting juga bagaimana kita memperhatikan saluran air dan sungai agar selalu bebas sampah. Mari kita saling mengingatkan dalam menjaga dan mencintai lingkungan. Tindakan nyata kita jauh lebih baik guna kenyamanan dan kebersihan lingkungan,” pungkasnya.

Kegiatan pencanangan ini sendiri turut dihadiri segenap jajaran Pejabat Pemkab Mitra, jajaran Aparatur Sipil Negara Pemkab Mitra, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan masyarakat Mitra.(fernando lumanauw)

Leave a Reply