Pemkab Mitra Gelar Rakor Peningkatan Kapasitas dan Partisipatif Masyarakat Dalam Pembangunan Desa

Mitra – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), menggelar rapat koordinasi (Rakor) Pengembangan Pemberdayaan Maayarakat Desa Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (20/03), bertempat di Hall Sport Kantor Bupati, Ratahan.

Rakor ini dibuka Wakil Bupati Mitra Drs Jesaja JO Legi, mewakili Bupati 3James Sumendap SH. Wabup Legi dalam sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas serta tingkat partisipatif masyarakat dalam pembangunan Desa, melalui kegiatan usaha ekonomi rakyat yang dihimpun dalam lembaga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau melalui Pasar Desa.

“Tujuannya adalah untuk mengenali potensi Desa, permasalahan dan solusi pemecahan permasalahan, pengembangan pembangunan manusia, untuk dikoordinasikan dengan berbagai pihak terkait,” kata Legi.

Menurutnya, hasil yang diharapkan nanti yakni, terciptanya sinergitas program atau kebijakan antar lembaga pemeritah yang terkait, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang setara.

“Selain itu, dapat terwujudnya perekonomian yang mandiri di Desa-desa yang ada, dan terciptanya efektifitas unit-unit usaha masyarakat dalam pengelolaan aset-aset Desa,” pungkasnya.

Sementara, hadir sebagai narasumber yakni, Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Sulut Drs Edison Humuang MSi, Asisten I Sekdakab Mitra Drs G H Mamahit, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs Jotje Wawointana
Plt Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Mitra Pdt Erni Legi Rondonuwu STh, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakabe Mitra Johny Kolinug SE.

Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan ini, Dinas terkait, Bagian Kesra, Pengurus TP- PKK, Unsur BUMDes, Perangkat Desa se-Kabupaten Mitra, Minahasa dan Minahasa Selatan.(fernando lumanauw)

Leave a Reply