Pemkot Tomohon Raih Kota Layak Anak 2019 Predikat Pratama

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise saat membawakan sambutan di acara Penganugerahan Kota Layak Anak 2019 (foto:ist)

Tomohon – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon Sulawesi Utara mendapat
predikat Pratama pada malam penghargaan kabupaten/kota layak anak 2019 yang diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise di Makassar, Selasa (23/07/2019).

Yambise mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan dan berharap semoga di tahun mendatang bisa lebih baik lagi.

Walikota Jimmy F Eman SE Ak CA saat menerima penghargaan Kota Layak Anak 2019 yang diserahkan oleh Menteri Yambise (foto:ist)

Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak terdiri atas lima predikat yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Kabupaten/Kota Layak Anak. Tahun-tahun sebelumnya, peraih predikat Utama hanya diraih dua kota yaitu Surakarta dan Surabaya namun pada tahun bertambah dengan terpilihnya Kota Denpasar.

Walikota Jimmy F Eman SE Ak usai menerima penghargaan didampingi Kadis Perempuan dan Anak serta Kadis Pendidikan Kota Tomohon (foto:ist)

Sebanyak 135 kabupaten/kota di Indonesia berhasil meraih predikat Pratama, 86 kabupaten/kota meraih Madya dan 23 kabupaten/kota meraih predikat Nindya. Empat provinsi menerima penghargaan baru yakni Provinsi Pelopor Layak Anak yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Banten, dan Kepulauan Riau.

Sementara itu, Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lenny Rosalin mengatakan, jumlah kabupaten/kota yang meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2019 bertambah sekitar 40 persen dibandingkan tahun sebelumnya. “Tahun ini 247 kabupaten/kota yang meraih penghargaan. Pada 2018 hanya 177 kabupaten/kota,” ujarnya.

Sebanyak 135 kabupaten/kota di Indonesia berhasil meraih predikat Pratama, 86 kabupaten/kota meraih Madya dan 23 kabupaten/kota meraih predikat Nindya. Empat provinsi menerima penghargaan baru yakni Provinsi Pelopor Layak Anak yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Banten, dan Kepulauan Riau. (foto:ist)

Sementara Walikota Jimmy F Eman SE Ak yang menerima langsung penghargaan ini mengatakan Pemkot Tomohon sejak beberapa tahun terakhir memprioritaskan perlindungan perempuan dan anak dalam sistem pemerintahan.

Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak terdiri atas lima predikat yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Kabupaten/Kota Layak Anak.

“Baik dalam layanan pendidikan, kesehatan perempuan, peran perempuan serta banyak hal lainnya yang memberikan tempat dan kesempatan khusus pada perempuan dan anak,” tandas walikota. (mar/advetorial)

 

 

Leave a Reply