Pemkot Tomohon Semprot Disinfektan di Tempat Ibadah

Tomohon – Berbagai upaya pencegahan penyebaran virus corona, Pemerintah Kota Tomohon lakukan penyemprotan desinfektan di tempat ibadah yang ada di Kota Tomohon.

Upaya ini dilakukan karena dekontaminasi penyebaran infeksi virus corona (COVID-19) dapat dikurangi dengan membersihkan ruangan serta benda-benda yang sering tersentuh tangan dengan cairan desinfektan yang biasa digunakan. Salah satu langkah preventif dengan menyemprotkan disinfektan di seluruh rumah ibadah di Tomohon. Kegiatan ini sudah dilaksanakan oleh Badan Penanggulangam Bencana Daerah(BPBD) Kota Tomohon sejak Kamis (19/03/2020).

Kepala BPBD Tomohon Robby Kalangi menuturkan timnya langsung bergerak melakukan penyemprotan mulai dari pintu masuk, bangku dan tempat duduk gereja, altar hingga tempat-tempat yang bersentuhan langsung dengan umat dan jemaat.

“Kami membagi dalam empat tim, saat ini sudah dua kecamatan yang dilakukan penyemprotan dan masih akan terus berlanjut. Ditargetkan Sabtu (21/3) sudah tuntas.

Dilanjutkannya lagi untuk campuran yang digunakan sesuai dengan anjuran dari Dinas Kesehatan.

“Dengan komposisi dalam 1000ml terdapat 95ml bahan disinfektan(byclin) dicampur 905ml air. Ini juga bisa dipraktekkan di rumah masing-masing guna melakukan pencegahan awal,” lanjutnya.

Untuk rencana ke depan disesuaikan dengan situasi yang ada.

“Ke depannya kita akan melihat evaluasi dari hasil penyemprotan ini juga akan diselaraskan dengan anjuran dari setiap pimpinan denominasi gereja,” tukasnya.(mar)

Leave a Reply