by

Pemkot Tomohon Terima Praktikum Madya Praja IPDN Tampusu

Tomohon – Pemkot Tomohon menghelar apel penerimaan study praktikum Madya Praja IPDN Kampus Sulawesi Utara di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Tomohon, Kamis (05/12/2019).

Dalam amanah Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc memberikan sedikit pengetahuan kepada para Madya Praja tentang tata pemerintahan di masa lampau yakni pemisahan kekuasaan juga disebut dengan istilah trias politica adalah sebuah ide bahwa sebuah pemerintahan berdaulat harus dipisahkan antara dua atau lebih kesatuan kuat yang bebas, mencegah satu orang atau kelompok mendapatkan kuasa yang terlalu banyak.

“Pemisahan kekuasaan merupakan suatu cara pembagian dalam tubuh pemerintahan agar tidak ada penyalahgunaan kekuasaan, antara Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif. Namun era saat ini roh dari sebuah hukum negara adalah mewujudkan Salus Populi Suprema Lex atau kesejahteraan rakyat adalah hukum tertinggi. Tujuan negara ini di bentuk adalah kesejahteraaan negara, negara itu adalah rakyat, rakyat itu kita semua (kalian, mereka dan kami),” jelas Lolowang.

“Atas nama Walikota Tomohon Jimmy F. Eman SE Ak CA dan segenap jajaran pemerintah Kota Tomohon mengucapkan selamat datang kepada Madya Praja IPDN Kampus Sulawesi Utara beserta para pendamping di antaranya DR Arnold Poli SH MH selaku Koordinator Dosen IPDN Kampus Sulawesi Utara dan DR Adry Manengkey MSi selaku Dosen IPDN Kampus Sulawesi Utara,” ujar Lolowang. (mar)

Comment

Leave a Reply

News Feed