by

Pemkot Tomohon Yakin Bisa Raih WTP

Tomohon – Sekretaris  Daerah Kota Tomohon Dr Arnold Poli sangat optimistis pada tahun 2014, daerah ini bisa meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), berdasarkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) untuk tahun anggaran 2013.
“Tahun lalu Tomohon berhasil mencetak sejarah dengan meraih opini wajar dengan pengecualian (WDP) dari BPK setelah sebelumnya hanya disclaimer, karena menunjukkan kemajuan signifikan dalam pengelolaan keuangan dan penataan aset sesuai dengan aturan. Jadi, pada tahun ini, saya yakin Tomohon akan mencatatkan sejarah baru lagi yakni meraih opini lebih baik lagi, yakni WTP,” kata Poli.

Optimisme Poli bukan tanpa parameter yang jelas. Tapi karena penilaiannya Tomohon dalam pengelolaan keuangan sudah lebih tertib, apalagi dalam penataan aset, tak ada lagi yang amburadul seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Posisi Tomohon kini sudah sangat baik, sebab aset sudah tertata, tak ada lagi yang amburadul didukung dengan sistem pengelolaan keuangan yang lebih baik juga. Tidak ada pelanggaran hukum yang dilakukan jajaran pemerintah secara terstruktur dan masif yang mengarah pada tindak korupsi, inilah yang membuat keyakinan saya cukup kuat untuk meraih WTP,” tuturnya.

Tomohon kini tinggal menunggu hasil saja, sebab BPK sendiri telah menuntaskan pemeriksaan. Semua catatan dan rekomendasi yang diberikan BPK pada pemeriksaan sebelumnya sudah ditindaklanjuti dengan baik oleh pemerintah.

“Fungsi BPK memang sangat baik, yakni meluruskan hal-hal yang keliru. Jika ada yang tidak paham aturan sehingga menyebabkan terjadinya tuntutan ganti rugi (TGR), maka itu dikoreksi dan dikembalikan lagi. Tidak ada kesalahan yang diulang dan dibaut lagi, misalnya untuk uang lembur bagi pegawai sudah tak dianggarkan lagi oleh pemerintah, sebab dinilai menyalahi aturan,” ungkap Poli.

Dijelaskan Poli, jika Tomohon berhasil meraih WTP, maka upaya pemerintah untuk memacu pembangunan bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat pasti akan lebih mudah, sebab tak lagi diperhadapkan pada persoalan yang berujung pada proses hukum. “Ini cita-cita pemerintah Tomohon di bawah kepemimpinan Pak Walikota Jimmy Eman, yakni menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih sehingga menopang pemerintah dalam menjalankan program pembangunan dengan konsisten,” tuturnya.(maria wolajan)

 

 

 

Comment

Leave a Reply

News Feed