Pemprov Sulut Siapkan Pelantikan Olly-Steven, Kumendong : Seharusnya Tanggal 12 Februari 2021

Manado – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tengah menyiapkan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih pada Pilkada 2020, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (Olly-Steven).

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sulut, Jemmy Kumendong kepada wartawan, Senin (26/01/2021) mengatakan, pihaknya telah menindaklanjuti usulan DPRD Provinsi Sulut terkait pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Periode 2016-2021 serta pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut dalam Pilkada Tahun 2020, dengan melakukan verifikasi terhadap dokumen kelengkapan persyaratan administrasi yang akan dikirimkan ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.

“Semua dokumen telah siap dikirimkan ke Presiden via Kemendagri sebagai syarat dikeluarkannya Kepres,” terang Kumendong.

Kumendong membeber dokumen yang harus dipenuhi sebagai syarat administrasi dikeluarkannya Kepres pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dalam Pilkada Tahun 2020 yakni,
Berita Acara dan risalah rapat paripurna istimewa DPRD Provinsi;
Fotocopi Surat Keputusan Presiden tentang pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur periode sebelumnya;
Fotocopi Berita Acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur periode sebelumnya;
Keputusan KPU Provinsi tentang penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara;
Keputusan KPU Provinsi tentang penetapan pasangan calon terpilih;
Surat keterangan dari Mahkamah Konstitusi RI mengenai tidak terdaftarnya perkara terkait sengketa hasil perolehan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur;
Putusan Mahkamah Konstitusi RI tentang perselisihan hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur bila terdapat gugatan hasil perolehan suara dari pasangan calon lainnya;
Surat penyampaian penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dari KPU Provinsi kepada DPRD Provinsi;
Surat penyampaian dari Ketua DPRD Provinsi kepada Presiden melalui Mendagri terkait usulan pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih serta usulan pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur periode sebelumnya;
Surat Menteri Dalam Negeri yang ditujukan kepada Presiden terkait usulan pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dan usulan pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur periode sebelumnya.

Ditambahkan Kumendong, agar tidak terjadi kekosongan pemerintahan, seharusnya pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih dalam Pilkada Tahun 2020, dilaksanakan tanggal 12 Februari 2021 mengingat masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut periode 2016-2021 berakhir pada tanggal tersebut. “Sesuai amanat UU no 10 Tahun 2016, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur dilakukan oleh Presiden di Ibukota Negara, Jakarta. Tetapi tentunya akan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 saat ini,” imbuhnya.

Diketahui, DPRD Sulut Senin (25/01/2021) telah melakukan Sidang Paripurna dalam rangka Pengumuman Usul Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Masa Jabatan 2016-2021 serta Pengumuman Usul Pengesahan Pengangkatan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Terpilih dalam Pemilihan Tahun 2020.

Sebelumnya, KPU Sulut menetapkan ODSK sebagai paslon terpilih dengan raihan suara 821.503 suara pada Pilgub 9 Desember 2020.

Leave a Reply