Pemprov Sulut Siapkan Ruang Tambahan di BPSDM Atasi Terbatasnya Ruang Isolasi

Manado – Bilamana ruang isolasi pasien Covid-19 tidak mencukupi, maka Pemprov Sulut telah menyiapkan ruang isolasi tambahan sebanyak 250 kamar di Balai Pendidikan Sumber Daya Manusia (BPSDM) milik Pemprov Sulut di Minahasa Utara (Minut).

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw saat melakukan inspeksi di BPSDM Daerah Provinsi Sulut bersama Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen SE MS, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi dr Debie KR Kalalo MSc PH dan Kepala BPSDM Daerah Provinsi Dr Paulus Tamaka, Sabtu (21/03/2020).

“Pak Gubernur tetapkan BPSDM Daerah Provinsi sebagai salah satu lokasi yang akan dipakai sebagai tempat isolasi korban Covid-19, apabila korban bertambah banyak,” kata Wagub Kandouw.

Dalam inspeksi itu, kamar atau ruangan yang berada di Gedung BPSDM dinilai memadai karena ada 250 kamar yang tersedia dan ruangan lain yang bisa dijadikan bangsal.

Memang ruangan dan kamar di BPSDM milik Pemprov Sulut ini biasa digunakan bagi para ASN ataupun CPNS dalam mengikuti berbagai pelatihan peningkatan kualitas SDM, sehingga ada banyak ruangan dan kamar yang dibangun Pemprov Sulut bagi para peserta pelatihan.

Apalagi, kata Wagub Kandouw, lokasi BPSDM ini cukup jauh dari pemukiman warga, sehingga dinilai memenuhi syarat untuk dijadikan lokasi isolasi pasien Covid-19.

Selain itu, upaya dan kerja keras Pemprov Sulut mengantisipasi dan mengatasi wabah Virus Corona ini diantaranya pembelian masker, APD, rapid test sebagai prioritas.

“Ini arahan pak Gubernur, semoga pada hari Selasa atau Rabu minggu depan, barang-barang itu sudah kita terima. Sekarang ini, semua sumber kita pakai untuk mendapatkan rapid test,” ungkap Wagub Kandouw.

Leave a Reply