Pemprov Sulut Sosialisasikan Peraturan Perundang-Undangan Tentang Ketenagakerjaan di Minahasa

Minahasa – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Tenaga Kerja, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, menggelar Sosialisasi Peraturan Perundang Undangan Tentang Ketenagakerjaan, bertempat di ruang sidang Kantor Bupati Minahasa, Selasa (24/04) pagi.

Kegiatan yang dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa Dr Denny Mangala MSi ini, dihadiri Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sulut Ir Erni Tumundo MSi, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Minahasa Drs Vicky Kaloh, Anggota DPRD Minahasa Friska Kentjem, Camat, para Hukum Tua dan Lurah.

Mangala dalam sambutannya mewakil Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA mengatakan, sosialisasi ini merupakan salah satu program dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi dalam rangka memberikan informasi dan pencerahan tentang aturan-aturan di bidang Ketenagakerjaan.

“Kami berterima kasih kepada Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Utara karena telah mengadakan kegitan ini. Ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Pemerintah Provinsi terhadap tenaga kerja di Minahasa. Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk terbanyak ke-4 di dunia, dan sebagian besar merupakan tenaga kerja yaitu 50%, sedangkan masih banyak yang menganggur,” kata Mangala.

Lanjut dikatakannya, karena Indonesia, termasuk di dalamnya Minahasa, memiliki penduduk terbesar, sehingga Indonesia harus menjadi suplier tenaga kerja.

“Namun kebanyakan tenaga kerja Indonesia tidak memiliki skill dan kapabilitas. Dan sering terjadi pelecehan serta kekerasan terhadap Tenaga Kerja Indonesia. Kedepan untuk meminimalisir hal tersebut, kita harus mempersiapkan tenaga kerja yang kreatif dan mampu bersaing di luar negeri, untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia,” tukasnya.

Di akhir sambutannya, Mangala berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dan berguna serta menambah wawasan tentang aturan ketenagakerjaan.(fernando lumanauw)

Leave a Reply