Pemprov Sulut Turunkan Lima Ekscavator dan Tiga Kapal Pengangkut Eceng Gondok di Danau Tondano

Minahasa – Guna membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, dalam penanganan masalah Eceng Gondok di Danau Tondano, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven O E Kandouw, terjunkan lima unit Ekscavator dan tiga unit Kapal khusus pengangkut Eceng Gondok.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sulut Adolf Harry Tamengkel mengatakan, bantuan alat berat ini untuk memaksimalkan pekerjaan pembersihan Eceng Gondok di Danau Tondano yang kian tak terkendali.

“Selain topangan anggaran, Pemprov Sulut juga mendatangkan 8 unit alat berat untuk membantu mengangkat Eceng Gondok di Danau Tondano. Delapan alat berat tersebut yaitu lima ekscavator dan tiga kapal khusus pengangkat eceng gondok,” sebutnya.

Dirinya optimis, dengan ketambahan bantuan kedelapan alat berat ini, Eceng Gondok di Danau Tondano yang kian meresahkan ini akan tuntas tahun ini.

“Kita optimis, tahun ini Eceng Gondok di Danau Tondano bersih,” tandasnya.

Meski kewenangan penanganan Danau ada pada Balai Sungai Wilayah I Sulut, menurut Tamengkel, sinergitas tetap dibutuhkan dalam menangani Eceng Gondok ini.

“Kita tidak akan berhenti. Kita akan terus melakukan usaha agar Eceng Gondok ini tidak tumbuh lagi, sehingga Danau Tondano benar-benar bersih dan lestari,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply