Pendaftar Calon Siswa Baru di SMPN 1 Tondano Membludak

Minahasa – Calon siswa baru yang mendaftar di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Tondano membludak. Pasalnya, sejak dibuka pendaftaran atau penerimaan siswa baru 1 Juni lalu, hingga kini pendaftar telah mencapai 430 orang belum terhitung hari ini.

Kepala SMPN 1 Tondano, Dra Sjuultje C Muntu SPd MAP, ketika ditemui Cybersulutnews.co.id, Selasa (16/06) mengatakan, pendaftaran akan dibuka hingga 27 Juni mendatang, sehingga dipastikan jumlah pendaftar masih akan bertambah.

“Pendaftaran dibuka mulai 1 Juni – 27 Juni. Sekolah kemungkinan besar hanya akan membatasi sampai 440 siswa baru untuk 11 kelas yang akan diterima, satu kelas maksimal 40 orang,” terang Muntu.

Lanjut dikatakannya, calon siswa baru yang akan masuk dan diterima sebagai siswa akan dites terlebih dahulu dengan tes tertulis untuk menjaring siswa bila membludak.

“Pendaftar diprediksi akan banyak. Untuk itu, sekolah akan menerapkan tes tertulis meliputi, soal matematika, membaca dan mengarang untuk menjaring calon siswa baru. Pengalaman kami juga, ada siswa yang sudah masuk SMP tapi belum bisa membaca dengan lancar,” ujarnya.

Sementara, Filipo Lengkong warga Tondano Utara, salah satu calon siswa baru yang akan mendaftar di sekolah ini mengatakan, dirinya memilih SMPN 1 Tondano karena sekolah ini memiliki prestasi yang cukup membanggakan sehingga dirinya juga termotivasi untuk berprestasi.

“Menurut saya, sekolah ini baik dan punya prestasi sehingga saya ingin masuk di sekolah ini,” tuturnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply