Penerimaan Calon PPS di Minahasa Diperpanjang, Sejumlah Desa Belum Penuhi Kuota

Minahasa – Pemasukan berkas pendaftaran untuk calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa berakhir, untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tahun 2020, Senin (24/02) pukul 24.00 WITA, ditutup.

Ketua KPU Minahasa Lord Arthur Malonda SPd mengatakan, penerimaan berkas lamaran dibuka sampai pukul 24.00 Wita. Namun demikian, masih ada beberapa Desa dan Keluraham yang belum memenuhi kuota yakni minimal enam orang pelamar.

“Di hari terakhir ini memang banyak pelamar yang datang memasukkan berkas. Apabila ada desa dan kelurahan yang jumlah pelamarnya tidak memenuhi kuota minimal enam pendaftar, maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran selama tiga hari, mulai 25-27 Februari,,” terang Malonda.

Ditanya soal kemungkinan bila ada Desa dan Kelurahan tak penuhi kuota sampai perpanjangan waktu pendaftaran berakhir, Malonda mengatakan bahwa pihaknya nanti akan bekerjasama dengan lembaga pendidikan ataupun lembaga profesi.

“Bila nanti sampai masa perpanjangan waktu pendaftaran dan masih ada Desa dan Keluarahan yang belum memenuhi kuota minimal enam orang, kami akan bekerjasama dengan lembaga pendidikan dan lembaga profesi untuk mengisi kekosongan tersebut,” ujarnya.

Sementara, bagi pendaftar yang tak lulus seleksi berkas dikarenakan ada kekurangan nerkas saat mendaftar, KPU akan memberi kesempatan melengkapi untuk mendaftar ulang dan melengkapi berkas.

“Kalau ada yang lolos berkas karena ada yang masih kurang, seperti misalnya ijazah tak dilegalisir atau tak memasukkan surat keterangan sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas, bisa melengkapinya saat perpanjangan waktu pendaftaran,” tukasnya.

Adapun kuota minimal calon PPS di 270 Desa dan Kelurahan berjumlah 1.620. Hitungannya di tiap Desa/ Kelurahan minimal ada enam pendaftar, yang nantinya dalam proses seleksi hanya akan menyisahkan tiga orang PPS.

“Proses rekrutmen PPS ini dipastikan berjalan sesuai aturan dan ketentuan berlaku. Kami menjamin bahwa perekrutan ini mengedepankan integritas dari semua panitia adhock. Perekrutan akan dilakukan secara ketat sesuai aturan serta persyaratan yang sudah ditetapkan. Kita pastikan seleksi dilakukan secara terbuka dan tidak ada permainan,” tandasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply