Perhelatan Celebration of Unity Sukses Digelar

Manado – Perhelatan akbar ikrar persatuan gereja-gereja di Indonesia, Celebration of Unity selesai di gelar dengan meriah.

Deklarasi Komitmen Gereja-gereja di Indonesia pun, telah diikrarkan di hadapan 60 ribu orang peserta di Gelora Bung Karno, 18 Mei 2013. Pembacaan Deklarasi Komitmen Persatuan Gereja-gereja di Indonesia ditandai dengan,  ‘Torch Lighting’ oleh seluruh peserta dan pengisi acara diiringi lagu  ‘Majesty’.

Tiga poin penting yang dibacakan dalam Deklarasi Komitmen Kesatuan Gereja-gereja di Indonesia itupun  diharapkan menjadi kesaksian bagi bangsa Indonesia, bahwa meskipun penuh dengan keberagaman suku, budaya dan agama, namun masih dapat hidup dengan harmonis dan selalu menekankan semangat persaudaraan dan toleransi.

Acara yang diprakarsai oleh KWI dan Lembaga-lembaga Aras Gereja Nasional (PGI, PGLII, PGPI, PBI, Gereja Orthodoks, Gereja Bala Keselamatan) ini juga melibatkan seluruh Sinode-sinode gereja di Indonesia. Didukung penuh oleh Reachout Foundation, yayasan nirlaba yang dipimpin oleh Judith Soeryadjaya.

Menurut Ketua Pelaksana Harian Panitia Celebration of Unity, Pdt. Yerry Tawalujan, M.Th, Celebration of Unity telah selesai dilaksanakan,  semua perwakilan dari masing-masing daerah berharap agar acara seperti ini dapat di gelar juga disetiap propinsi sehingga acara ini akan terus berkelanjutan dan berdaya guna bagi masylatan umat Kristiani di Indonesia dan di dunia.

“Bahkan dua acara serupa akan di gelar di dua negara tahun ini, itu berarti gaung Celebration of Unity akan selalu berkelanjutan baik di dalam negeri atau internasional,” lanjut Yerry Tawalujan kepada Cybersulutnews.co.I’d melalui press release.

Dua puluh orang pembicara seperti Presiden Dewan Gereja Sedunia (WCC) Pdt. Dr. S.A.E. Nababan, General Secretary WCC dari Swiss: Rev. Dr. Olav F. Kveit, Ketua Umum Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Mgr. Ignatius Suharyo,  Ketua Umum Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Pdt. Dr. A.A. Yewangoe, Gubernur Sulawesi Utara Dr Sinyo Sarundajang, Gubernur Maluku Karel Larahelu, Dr Sri Adiningsih, Romo Magnis Suseno,  dan Pimpinan Lembaga-lembaga  Aras Gereja telah mengisi kegiatan Seminar khusus untuk para Pimpinan Gereja pada tanggal 17 Mei , di Grand Ballroom ICC, Mall Mega Glodok Kemayoran dan dihadiri oleh 2500 orang.

Choky Sitohang, Sammy Simorangkir dan Sari Simorangkir, mewakili para artis penyanyi  juga larut dalam perhelatan ini bersama dengan 5000 orang pengisi acara yang menampilkan tarian kolosal, parade persatuan gereja-gereja, musik etnis dari seluruh Indonesia, dan paduan suara yang tergabung dari seluruh gereja-gereja yang ada di Jakarta.

Pemenang Grammy Award Kategori Best Contemporary Gospel Song tahun 2006, 2008, 2010 dan 2011, yaitu Isarel Houghton & New Breed berhasil menggoyang Stadion Gelora Bung Karno dengan lagu-lagu hitsnya, selama satu jam.

Leave a Reply