Perusahaan Di Minut Bayar UMP Sesuai Kemampuan

Minut–Penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) Sulut tahun 2016 sebesar Rp2,4 juta per bulan, sepertinya sulit diikuti perusahaan-perusahaan di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Hal ini menyusul tidak tegasnya Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) kepada perusahaan untuk memberikan upah sesuai UMP. Bisa dilihat dari jawaban Kepala Disnakersos Jeane Rumagit ketika dimintai keterangan oleh wartawan, Rabu (11/11/2015) . Dimana menurut Rumagit, pemberian upah saat ini masih menyesuaikan kemampuan perusahaan.

“Meski sudah memiliki UMP, namun pemberian upah semua masih tergantung perusahaan, mampu atau tidak,” tutur Rumagit.

Menurut Rumagit, jangankan UMP 2016, untuk UMP 2015 saja masih banyak perusahaan di Minut yang tidak taat aturan dalam pembayaran UMP ke pegawai.

“Kami sudah ngotot dan beberapa kali meminta perusahaan-perusahaan di Minut, agar mampu penuhi standar itu, tapi tidak dilakukan,” terang Rumagit tidak menjelaskan sanksi apa yang sudah diberikan guna menertibkan perusahaan tersebut.

Terkait standar upah yang baru ditetapkan, Rumagit mengakui pihaknya belum melakukan sosialisasi kepada perusahaan. “Jujurnya kami belum ada sosialisasi kepada perusahaan soal UMP yang baru,” tutup Rumagit.(ecanamangge)

Leave a Reply