Pilhut Serentak 49 Desa di Minahasa Berjalan Aman dan Lancar

Minahasa – Pelaksanaan Pemilihan Hukun Tua (Pilhut) serentak di 49 Desa dari 227 Desa yang ada di Kabupaten Minahasa, Selasa (25/04), berjalan sukses, aman, lancar serta terkendali dan tak ada kendala berarti.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa DR Denny Mangala SH MSi, didampingi Kapala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Djefri Sumendap Sajow SH, serta beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa, nampak turun langsung memantau jalannya proses pemungutan suara di sejumlah Desa yang melaksanakan Pilhut.

Disela-sela pantauannya, Denny Mangala menjelaskan bahwa, Pilhut ini dilakukan secara jujur, adil, bebas rahasia dan transparan dalam hal kotak suara. Dikatakannya, meski kotak suara disiapkan Panitia tingkat Desa, tapi dari Panitia tingkat Kabupaten menganjurkan menggunakan kotak suara yang sama.

“Ada 49 Desa yang melaksanakan Pilhut hari ini, kotak suara ini harus transparan, sehingga bisa meminimalisir tingkat kecurangan yang mungkin terjadi dalam Pilhut tahun ini,” ujar Mangalah yang juga selaku Ketua Panitia Pilhut tingkat Kabupaten tahun 2017.

Adapun sejumlah lokasi yang dilakukan peninjauan oleh panitia Kabupaten yakni Desa Tonsealama Kecamatan Tondano utara, Desa Suluan, Kembes, Tombuluan dan Kamangta Kecamatan Tombulu, Desa Kali dan Pineleng Dua Kecamatan Pineleng, Desa Tatelu Weru Kecamatan Mandolang, Desa Mokupa Kecamatan Tombariri, Desa Lemoh Kecamatan Tombariri Timur dan Desa Leilem Kecamatan Sonder.

Dalam peninjaun Pilhut ini pula, nampak Ketua Komisi I Anggota DPRD Kabupaten Minahasa yang membidangi Hukum dan Pemerintahan Oklen Waleleng SE serta anggota Imelda Nofita Rewah dan Decky Masengi, turut memantau jalannya pelaksanaan Pilhut ini.(fernando lumanauw)

Leave a Reply