Pilkades Serentak Tahap II di Sitaro Digelar Besok

Sitaro Ondong – Perhelatan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap kedua Kabupaten Sitaro, dilaksanakan Rabu (23/8). Pilkades ini dipastikan akan diikuti oleh 14 kampung dari 83 kampung yang ada.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyatakat Desa Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sitaro Marlon Dalentang, mengungkapkan, saat ini pemerintah daerah sudah siap menggelar pelaksanaan Pilkades tahap II.

“Segala tahapan pelaksanaan Pilkades tahap II sudah sukses terlaksana. Termasuk penyaluran kertas suara,” kata dia, Selasa (22/8) di Ondong.

Lanjut Marlon, sejauh ini ada beberapa kampung yang kapitalau (kepala desa) telah habis masa jabatan. “Untuk mengisi kevakuman ini, jabatan kapitalau dipegang penjabat kapitalau. Batasan waktu bagi penjabat kapitalau, hingga terpilihnya kapitalau baru,” ucapnya lagi.

Marlon menyebutkan, pelaksanaan Pilkades tahap II ini perintah daerah telah menggelontorkan anggaran sekira Rp320.000.000 yang bersumber dari APBD 2017.

“Masing-masing kampung dialokasikan anggaran sekira Rp20 juta,” pungkasnya. Secara terpisah, Wakapolres Sangihe Kompol Harris Bingku, menambahkan, pihak kepolisian siap mengawal pelaksanaan Pilkades Tahap II ini.

“Untuk pengamanan, nanti kami akan menempatkan tujuh personil polisi di setiap desa yang melaksanakan Pilkades. Namun, peran masyarakat sangat penting untuk menciptakan situasi kondusif dalam pelaksanaan Pilkades,” tandas Bingku. 

Sekedar referensi, inilah 14 desa yang menyelenggarakan Pilkades, untuk wilayah Kecamatan Siau Timur yaitu Kampung Kanang dan Kampung Dame. Sementara untuk Kecamatan Siau Timur Selatan yaitu Kampung Lahopang, Kampung Pangilorong, Kampung Binalu, Kampung Biau, Kampung Kalihiang dan Kampung Pahepa.

Kemudian untuk Kecamatan Siau Barat yaitu Kampung Bumbiha, Kecamatan Siau Tengah Kampung Beong, Kecamatan Siau Barat Selatan Kampung Kapeta Kampung Talawid Kampung Batusenggo dan Kecamatan Siau Barat Utara Kampung Kawahang.(jackmar tamahari) 

Leave a Reply